18 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

1. Tarik Nafas Dalam-dalam. 
Bersama bernafas lewat hidung kamu sanggup meningkatkan fungsi otak kamu dgn langsung. Menarik nafas dalam-dalam memberikan asupan oksigen lebih tidak sedikit terhadap darah kamu, & pastinya terhadap otak kamu. Tingkat oksigen rendah terhadap darah kamu bakal mengurangi fungsi otak kamu. Bila kamu berminat, kamu dapat cobalah jalankan olahraga pernafasan. 

2. Buatlah Jurnal. 
Catharine M. Cox, seseorang penulis buku, sempat mencari ilmu rutinitas 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, & Thomas Jefferson – & menemukan bahwa seluruh orang jenius tersebut yakni penulis jurnal atau buku harian yg rajin. Pula, ingatlah bahwa Thomas Edison posting 3 juta halaman catatan, surat, & pemikiran pribadinya dalam beberapa ratus jurnal pribadi sepanjang hidupnya. 

3. Belajarlah Jumlahnya Barangkali. 
Kala kita mencari ilmu hal-hal baru, kita membuat sektor falsafah arus syaraf baru dalam otak kita. Orang yg “pintar” yaitu seorang yg mempunyai falsafah arus lebih tidak sedikit di bandingkan dgn orang lain. Otak manusia dapat membuat falsafah arus syaraf bersama belajar hal-hal baru; & makin bermacam elemen yg dipelajari, makin “pintar” pun otak kita. 

4. Belajarlah Membaca Segera. 
Foto Reading adalah teknik yg amat enteng dipelajari yg dapat menunjang kamu memproses kabar terdaftar dalam jumlah agung lebih segera & mempermudah kamu mengingat kabar tersebut tambah baik di bandingkan dgn metode tradisional yg diajarkan di sekolah. 

Walau rata-rata teknik membaca segera mengajarkan kamu kiat buat menggerakkan mata kamu bersama lebih serentak dalam tiap-tiap halaman yg kamu baca, Foto Reading yaitu system membaca yg mengajarakan kamu utk memanfaatkan pikiran sadar & bawah sadar kamu saat membaca. Kepada dasarnya, Foto Reading akan dilakukan bersama memanfaatkan sekian banyak bahan bacaan yg enteng dibaca bersama mengaplikasikan sekian banyak teknik yg tidak serupa tiap-tiap kala. Bahan mula-mula melibatkan pikiran sadar kamu & memanfaatkan metode lain utk meningkatkan daya ingat kamu & mendalami materi. 

5. Ambil Diwaktu Singkat utk Beristirahat Dengan Cara Berkala. 
Belajarlah selagi 20 menit dulu ambil diwaktu buat beristirahat dengan cara singkat. Metode ini efektif dikarenakan hal-hal yg kamu pelajari kepada awal & akhir terhadap sesi mencari ilmu kamu dapat bersi teguh lebih lama dalam ingatan kamu. Kamu mampu mengunduh (unduh) Motivator Software dengan cara free maka tiap-tiap 20 menit bakal muncul pesan kepada computer kamu yg mengingatkan kamu buat beristirahat. 

6. Pakai Akronim buat Mengingat Info. 
Akronim yakni wujud singkatan yg dibentuk dari huruf awal tiap-tiap kata. Metode ingatan ini bakal meringankan kamu utk menuntut ilmu kabar dalam jumlah agung jangka waktu yg singkat. Yang Merupakan sample, “Every Good Boy Does Fine” ialah akronim yg tidak jarang difungsikan para musisi buat mengingat suara dalam kunci tertentu. 

7. Sarapan Pagi. 
Sarapan sudah terbukti bakal meningkatkan daya fokus, kapabilitas memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, & mood. Sarapan yakni peluang mula-mula bagi badan utk isi ulang level glukosa sesudah musim 8 sampai 12 jam tidak dengan makanan. Glukosa ialah sumber penting energi bagi badan kamu. 

8. Pakai Badan Kamu buat Menolong Kamu Mencari Ilmu Sesuatu. 
Aktivitas badan ialah proses kunci dalam perkembangan & proses mencari ilmu. Brain Gym (Olahraga Otak) ialah acara olahraga yg sederhana, yg dikembangkan selagi 25 th oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym bisa menolong kamu dalam hal-hal yang merupakan berikut : 
- Pemahaman 
- Fokus 
- Berpikir dengan cara abstrak 
- Daya ingat 
- Keletihan mental 
- Kebolehan menyelesaikan pekerjaan 
- Keseimbangan fisik & koordinasi 
Klik disini utk menemukan 3 latihan Brain Gym yg sanggup kamu laksanakan (”Brain Buttons”, “Cross Crawl”, and Hook Ups”). 

9. Meditasi. 
Neuropsychologist mengemukakan bahwa meditasi akan mengubah struktur otak kamu. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan aktivitas otak lebih tidak sedikit dalam sirkuit otak kamu khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Dikala suara-suara mengganggu diperdengarkan terhadap para meditator yg sedang lewat Scan MRI, suara-suara tersebut cuma mempunyai pengaruh mungil kepada ruang dalam otak mereka yg melibatkan emosi & proses pengambilan ketentuan di bandingkan dgn beberapa orang yg tak bermeditasi atau meditator yg kurang berpengalaman. 

10. Jauhi Makanan yg Mengandung Gula. 
Karbohidrat dalam wujud apapun – seperti pasta, roti putih & keripik kentang – sanggup menciptakan kamu merasa lelah & enggan. Resiko dari memakan makanan ini dapat menciptakan kamu susah berpikir jernih. Aspek ini yakni hasil dari insulin yg mengalir dalam darah kamu utk menangkal kadar gula yg terlampaui tinggi. 

11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Kamu. 
Tatkala bertahun-tahun publik memberikan tidak sedikit penekanan terhadap elemen kecerdasan, seperti kekuatan berpikir logis, matematis, pemahaman area, analogi, verbal, & lain-lain. Tetapi, sewaktu sekian banyak th terakhir, tidak sedikit orang merasa mereka membuang potensi yg mereka punyai dgn berpikir, bersikap, & berkomunikasi dalam cara-cara yg menghambat kesempatan mereka mencapai keberhasilan. Kecerdasan emosi dipercaya yang merupakan kebolehan meta fisik yg mengijinkan kamu buat menggunakan kekuatan juga bakat yg kamu punya dengan cara optimal. Ikutilah tes kecerdasan emosi disini. 

12. Manfaatkan Tiap-tiap Disaat Kamu. 
Manfaatkan tiap-tiap kala, misalnya waktu kamu memanfaatkan transportasi publik atau mengantri, dengan cara produktif. Selesaikan teka-teki silang atau Sudoku dikala menunggu di antrian & dengarkan acara audio waktu memakai transportasi publik. 

13. Jogging. 
Satu Orang pakar memaparkan bahwa kamu mampu meningkatkan mood, mencegah hilang ingatan, mempertajam kecerdasan kamu, & bekerja bersama lebih baik cuma bersama mengolah detak jantung kamu & berkeringat. Fakta ilmiah menunjukkan bahwa olahraga aerobic menempa kembali otak kita buat mencapai kinerja optimal.

14. Latih Seluruhnya Indra Kamu.
Para ilmuwan menemukan bahwa otak manusia menuntut ilmu paling efektif lewat kegiatan-kegiatan yg melibatkan bermacam indra. Anak-anak & orang dewasa mempelajari amat baik diwaktu mereka menggali ilmu lewat gerakan yg melibatkan penglihatan, nada, emosi, timbale balik, orientasi area, & bahkan indra pengecap & perasa.

Mike Adams, satu orang penulis buku, memaparkan dalam bukunya bahwa satu orang anak yg diberikan definisi “tanpa bobot” dengan cara verbal mendapatkan berita berkaitan kata tersebut lewat 1 dimensi : pendengaran. Apabila kamu menunjukkan terhadap seseorang anak film menyangkut seseorang astronot yg mengapung diluar angkasa saat kamu mengucapkan kata “tanpa bobot”, kamu memberikan berita kata tersebut lewat 2 dimensi; di mana si anak menonton & mendengar kata tersebut. & seandainya kamu menyuruh si anak melompat-lompat memakai trampoline & meneriakkan kata “tanpa bobot” disaat si anak berada di hawa, pengertian kata tersebut dapat makin tertanam lebih dalam di otaknya.

15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Kamu.
Penelitian menemukan bahwa keadaan ideal buat menggali ilmu yakni waktu otak sedang dalam keadaan slow, tapi konsisten konsentrasi & terjaga. Dalam kondisi ini gelombang otak berlangsung lebih kurang 8 sampai 12 siklus per detik, yg dikenal bersama istilah keadaan alpha.

16. Konsumsilah Antioksidan.
Antioksidan melindungi sel-sel badan kamu, termasuk juga sel otak kamu. Sekian Banyak makanan dgn kandungan antioksidan tinggi antara lain : kismis, bluberry, blackberry, bawang putih, cranberry, strawberry, bayam, & raspberry.

17. Pakai Intuisi Kamu.
Belajarlah utk memanfaatkan intuisi jadi suatu proses menyatukan kabar. Bersama mengandalkan intuisi kamu, kamu menambah area kewaspadaan & mengarahkan kamu kepada alam bawah sadar kamu utk menghimpun berita dari lingkungan kurang lebih kamu.

18. Pakai System Pembantu Memori.
System pembantu memori, atau yang dikenal dgn istilah sistem objek angka, yaitu teknik buat mengingat list. Sistem ini bekerja bersama mengingat-ingat list kata yg dgn gampang mampu “dikaitkan” dgn angka yg diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dsb). Itulah memori kamu. Kalau kamu mesti mengingat satu buah list dalam ketika singkat, tiap-tiap benda dalam list tersebut akan kamu sesuaikan bersama angka yg tepat. Sesudah kamu mengingat-ingat angka-angka tersebut, kamu mampu memakai angka yg sama berulang kali tiap-tiap kali kamu butuh mengingat-ingat sesuatu.

Saat kamu mesti menghafalkan hal-hal yg berada dalam list, visualisasikan benda tersebut bersama angka yg kamu punya. Kamu dapat pilih kata-kata yg mempunyai rima yg sama dgn angka tersebut, berikut sample yg diambil dari Wikipedia :

• 1-gun
• 2-zoo
• 3-tree
• 4-door
• 5-hive
• 6-bricks
• 7-heaven
• 8-plate
• 9-wine
• 10-hen
Sbg sampel, apabila kamu menghafalkan 10 benda yg kamu mau beli di toko obat : kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), card index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, & kutek (nail polish).

Melaksanakan factor berikut :
1. Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
2. Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
3. Bayangkan satu buah pohon (a tree) bersama sebungkus permen karet (gum) tumbuh terhadap cabangnya
4. Bayangkan satu orang masuk lewat pintu kertas (paper door)
5. Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seolah-olah toples tersebut merupakan sarang lebah (beehive)
6. Bayangkan satu buah hunian terbuat dari bata (bricks) card index (index cards)
7. Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
8. Bayangkan suatu piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
9. Bayangkan satu buah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
10. Bayangkan seekor ayam jantan (a hen) dgn kuku berwarna merah (bright red nails).
Mudah-mudahan berguna … 


Related Posts: