7 Cara Belajar Yang Efektif Dan Efisien

1. Utk Suasana Mempelajari yg Nyaman 
Yg butuh kamu melaksanakan mula-mula yaitu gimana kiat membangun suasana mempelajari yg nyaman. masih banyak kiat utk menciptakan mood menggali ilmu itu muncul, diantara : kamu sanggup menuntut ilmu sambil mendengarkan music, menggali ilmu di tempat-tempat yg nyaman contohnya di taman atau di pinggir danau, atau diruangan Ber-AC 

2. Merangkum Pokok Pembelajaran 
Yah, mencatat pokok-pokok pembelajaran. Mengapa? Sebab jikalau kamu membaca 1 buku sehingga dapat perlu saat yg teramat lama utk menyelesaikan. Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Jika yg tidak jarang aku laksanakan sih, mencatat ulang materinya, di samping kita dapat gampang mengingatnya pun gampang utk mendalami inti dari pembelajaran tersebut 

3. Menggali Ilmu Dengan 
Metode ini paling sering di katakan metode yang paling efektif lantaran dalam suasana mempelajari berkelompok yg pass tenang otak jadi lebih rileks menerima pelajaran / materi yang dapat di serap. diluar itu elemen - factor yang belum di ketahui dapat lebih gampang di selesaikan dgn bekerja sama. Sehingga amat sangat dianjurkan buat mencari ilmu dengan utk menghadapi ujian.

4. Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu 
Metode ini yg seringkali aku pakai waktu menjelang ujian. dikarenakan aku tak terlampaui mampu dalam menghafal, menjadi aku tekniki bersama memanfaatkan nama-nama yg nyaris serupa utk mengingat materi. Ini amat efektif diperlukan & otak mudah sekali mengingatnya. 

5. Mencari Ilmu bersama Praktik 
Tentu udah tahu seluruh dong sama ini, menuntut ilmu sambil praktek yakni elemen yg amat efektif. Yah, Trick menggali ilmu ini serta dapat menciptakan Kamu tidak merasa bosan, mampu menyebabkan jenuh, cobain deh utk melakukannya praktik cepat. Contohnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita dapat mencari ilmu sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dgn itu kita sanggup menciptakan suatu program mempelajari menjadi lebih asyik. 

6. Menuntut Ilmu teratur namun jangan sampai lama 
Dgn teratur menuntut ilmu kamu bakal makin gampang buat mengingat factor yg telah Kamu pelajari. yg butuh kamu jalankan yaitu "belajar rutin" bukan "Terlalu lama belajar". Seperti menuntut ilmu waktu pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, tengah malam 1 jam. Kiat ini amat efetif & pikiran serta dapat terus dalam kondisi rileks dari terhadap mesti mempelajari terlampaui lama. 

7. Mengerti Bukan Menghafal 
Yah, elemen yang paling tidak jarang dilakukan oleh peserta didik atapun mahasiswa diwaktu mau menghadapi ujian yakni menghafal. Sebenarnya tak salah cuman kurang efektif. Utk lebih efektifnya yaitu mengerti teorinya sehingga bersama sendiri dapat kita ingat waktu ujian. Bila kamu tetap dalam metode menuntut ilmu bersama menghafal, amat sangat disarankan buat pindah ke metode mengerti materi. 

Related Posts:

Asal Usul kota sigli

asal usul kota sigli 
Tulisan ini teramat memberikan kabar bernilai dapat pertalian penduduk Bugis-Makassar & penduduk Aceh yg sebenarnya teramat mempunyai jalinan benang merah yg teramat erat.h.Jalinan ACEH Bersama BUGIS DALAM CATATAN Histori Sektor I 

I. Pendahuluan 
Bicara menyangkut jalinan antara Aceh dgn Bugis tak lepas dari membicarakan jurusan perdagangan di Nusantara terhadap awal abad 15. Sejak era kuno pelayaran & perdagangan dari Barat & negara Cina memerlukan pelabuhan area persinggahan buat lokasi membawa modal & menumpuk barang. 

Selagi sekian banyak abad fungsi emporium tersebut dijalankan oleh kerajaan Sriwijaya. Merosotnya kerajaan Sriwijaya terhadap akhir abad XIII menyebabkan fungsi itu terpencar ke sekian banyak daerah di Nusantara antara lain di Pidie & Samudera Pasai.[1] Tetapi, kepada abad 15 Malaka berkembang jadi pusat perdagangan yg paling ramai sampai Malaka jatuh ke tangan Portugis terhadap th 1511. Perihal ini berdampak kemunduran sedikit demi sedikit kepada pusat perdagangan. Kemunduran Malaka menimbulkan Aceh yang merupakan pusat perdagangan yg disinggahi oleh para pedagang muslim yg tak ingin berhubungan bersama Portugis. 

Penyelenggaraan perkapalan & perdagangan di kota-kota pelabuhan memunculkan rute komunikasi terbuka, maka berjalan mobilitas sosial baik horizontal ataupun vertikal, pun perubahan pola hidup & nilai-nilai. Penyebaran agama Islam yg diboyong oleh kaum pedagang, perkawinan antar suku tak terlepas dari adanya rute perdagangan internasional terhadap periode dulu. 

Keadaan ini mengizinkan adanya pembauran antara beragam suku bangsa dalam satu daerah. Misalnya di Aceh sampai waktu ini ada penduduk di daerah Pidie menyaksikan dari profilnya serupa dgn orang Tamil di India, sedangkan di Lamno ada penduduk dgn warna mata biru mereka awalnya yakni populasi sendiri keturunan Portugis. Demikian pula bersama Cina & Arab serta sektor dari prototype orang Aceh. 

II. Asal Usul Raja-Raja Aceh Keturunan Bugis 
Seterusnya siapakah penduduk Bugis yg ada di Aceh & macam mana keberadaannya di daerah itu ? Historiografi tradisional yg sempat berkembang di Aceh menyatakan silsilah Sultan Aceh keturunan Bugis diawali dgn kisah seseorang yg bernama Daeng Mansyur dari Wajo (sekarang ini salah satu Kab di Propinsi Sulawesi Selatan). 

Dirinya seseorang anak raja yg terdampar di perairan Pidie (Sekarang Ini Kab Pidie di Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam). Disisi lain kita bakal bercerita menyangkut satu buah kampung (Aceh : Gampong) yg bernama Reubee ( saat ini di Kecamatan Delima di Kab Pidie). Di kampung ini populer Dayah yg dipimpin oleh ulama bergelar Teungku Chik di Reubeë. Daeng Mansyur menikah bersama seseorang puteri anak Teungku Chik di Reubee tersebut & dikaruniai dua orang anak, satu orang wanita adalah Putroë Suni & anak laki laki bernama Zainal Abidin. 

Dalam catatan peristiwa, warga turunan Bugis yg ada di Aceh tak terlepas dari histori Sultan Iskandar Jejaka. Awal dari sultan Aceh berdarah Bugis dimulai bersama pernikahan Iskandar Jejaka dgn Putroë Suni anak Daeng Mansyur (menantu Teungku Chik Di Reubee). Putroë Suni disaat dewasa dipersunting oleh Sultan Iskandar Jejaka sedangkan Zainal Abidin hijrah ke Aceh Akbar kemudian populer bersama nama Teungku di Lhong & dirinya memiliki putra bernama Abdurrahim Maharajalela.[2] 

Penulis Belanda pun menyatakan menyangkut asal usul penduduk Bugis yg ada di Aceh bersama menyebut adanya tiga orang ulama di Pidie berasal dari Sulawesi Selatan ialah Teungku Seundri (sebenarnya yakni Sidendreng dalam logat Aceh dinamakan Seundri), Teungku Sigeuli yg namanya hasilnya diabadikan jadi nama Kota Sigli, & Daeng Mansur dari Wajo.[3] Sultan Iskandar Bujang lahir kepada th 1590 kepada musim pemerintahan Sultan Saidilmukamil (1588-1604). Sebelum Sultan Saidilmukamil kerajaan Aceh Darussalam dipimpin oleh Sultan Ali Riayat Syah atau Raja Buyung (± 1586-1588). Iskandar Belia memerintah kerajaan Aceh Darussalam dgn teramat bijak maka kerajaan Aceh mencapai periode mengagumkan. 

Perkawinannya bersama Putroe Suni dikaruniai seseorang anak wanita bernama Safiatuddin Syah. Safiatuddin menikah bersama Iskandar Thani berasal dari Pahang. Sehingga inilah awal dari adanya pemerintahan Sultanah & Sultan keturunan Aceh-Bugis di Kerajaan Aceh Darussalam.

Related Posts:

Macam-Macam Olahraga di Dunia

terhadap kali ini aku bakal ngepost 10 dari sekian banyak macam-macam olah raga di dunia adalah :
10.Badminton

Salah satu pemain badminton
yg sedang laksanakan smash
Olah raga yg dimainkan dgn kok & racket, bisa jadi berkembang di Mesir kuno kira kira 2000 thn dulu tapi pula disebut-sebut di India & Republik Rakyat Cina

Nenek moyang terdininya diperkirakan yaitu suatu permainan Tionghoa, Jianzi yg melibatkan pemakaian kok namun tidak dengan racket. Alih-alih, objeknya dimanipulasi bersama kaki. & tujuannya mempertahankan kok tidak dengan jatuh ke tanah tatkala barangkali

Kebenaran menarik berkaitan bulutangkis merupakan di mana yg smash paling cepat dilakukan oleh Simon Archer Inggris, merupakan clocked di lebih dari 160 mph (260 kilometer / jam)

Di Indonesia yg biasa di sebut badminton ini, yaitu salah satu cabang olah raga yg di minati.








9.Tenis


Bola tenis
Terdapat beragam kategori permainan yg memanfaatkan racket yg dimainkan dewasa ini & tenis yakni salah satu permainan yg paling disukai
Menurut sekian banyak catatan peristiwa, Terhadap abad ke-11 sejenis permainan yg dinamakan jeu de paume, yg menyerupai permainan tenis waktu ini, sudah dimainkan buat mula-mula kali di suatu kawasan di Perancis. Bola yg difungsikan dibalut dgn benang berbulu sedangkan pemukulnya hanyalah tangan

Permainan ini setelah itu dikenalkan ke Italia & Inggris terhadap abad ke-13 & mendapat sambutan hangat kurun waktu yg singkat. Tidak Sedikit peminatnya nyatanya di antara rakyat setempat pada permainan ini. Sejak itu perkembangan tenis konsisten meningkat ke negara-negara Eropa yg lain hingga Amerika , Asia, & benua yang lain.
8.Hoki

Hoki atau field hockey merupakan olahraga permainan yg dilakukan oleh laki laki & perempuan dgn memanfaatkan fasilitas pemukul (stick) & bola. Wujud permainannya nyaris sama bersama sepak bola.

Demikian pula bersama ice hockey, cuma saja ini diatas es atau kepada periode dingin

Para ahli histori menyebutkan, permainan hoki berasal dari Persia, dikarenakan olahraga yg serupa dgn permainan yg dikenal sekarang ini telah dimainkan lebih kurang 4000 thn yg dulu. Ukiran-ukiran kepada gua di Beni Hassan di lembah Nill menggambarkan, berabad-abad yg dulu oleh beberapa orang Mesir main-main sebuah permainan yg serupa hoki

7.Voli

tindakan pukulan smash & blok
kepada bola voli
Olahraga nasional Sri Lanka ini yakni olahraga yg amat ternama di nyaris seluruh negeri & di antara enam agung di Amerika Serikat, Brazil, Kanada, Rusia, Italia, Belanda, Jepang, Cina, India, Filipina & Polandia. Voli serta yaitu olahraga ternama di selatan India, Amerika Utara, Eropa Timur & Brasil, menikmati lonjakan dalam popularitas di sekolah-sekolah & perguruan tinggi

6.Rugby
Rugby ini merupakan olah raga yg trick mainnya nyaris sama tajir American Football gan , namun tingkat aman nya lebih minim dari American football, sebab aksesori pengamanan yg lebih sedikit. diliat dari tingkat keamanannya, tentu di cabang olah raga ini tidak sedikit yg kaki atau lehernya patah.

Rugby ini berasal dari Inggris terhadap awal abad ke-19. Rugby ini sudah diatur oleh International Rugby Board sejak pembentukannya kepada thn 1886

5.American Football
Sepak bola Amerika (American football) atau dikenal di Amerika Serikat & Kanada juga sebagai football yaitu olahraga yg dimainkan dua tim yg masing-masing terdiri dari 11 pemain, & olah raga ini termasuk juga olah raga berbahaya. Tidak Hanya di amerika, American football pula menyukai di mainkan di Jepang & Eropa

American Football Ini yakni olah raga yg ane sukain gan, tetapi sayang nya di Indonesia permainan ini tetap jarang di temui, malah nyaris tak di ketahui keberadaanya di Indonesia.

4.Baseball

pemain baseball yg sedang
laksanakan pukulan
Baseball, olahraga Nasional Amerika yg dipuja2 & dianggap yaitu harta ketajiran AS, nyatanya dimainkan mula-mula kali di Inggris, begitu penemuan paling baru mengungkap.

Sekian Banyak ahli peristiwa di Surrey, Inggris, sukses mengkonfirmasi bahwa baseball sudah dimainkan di Inggris bahkan lebih dari 20 th sebelum kemerdekaan Amerika. Konfirmasi itu didapat dari diari yg berisi dokumen kejuaraan yg dimainkan di Guildford terhadap 1775, & diari tersebut sudah dikonfirmasi kebenarannya oleh Surrey History Centre

Di Indonesia baseball serta telah mempunyai populiritas yg tinggi.

3.Basket
Basket merupakan olah raga yg popular di kalangan anak bujang, & pula di anggap olah raga basket adalh olah raga yg paling gaul namun Permainan bola basket ini sendiri diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith salah satu orang guru pendidikan jasmani Young Mens Christian Association (YMCA) Springfield, Massachusets, Amerika Serikat kepada th 1891. Ide yg mendorong terwujudnya cabang olahragabaru ini merupakan adanya bukti bahwa ketika itu keanggotaan & visitor sekolah tersebut kian hri kian merosot

Di Indonesia permainan basket serta sudah mencapai kepopulerannya sendiri

2.Cricket

suasana kepada turnamen
kriket
Kriket mula-mula kali yg tertulis di mainkan di Inggris bidang selatan terhadap abad ke 16. Terhadap akhir abad ke-18, kriket sudah berkembang ke titik dimana beliau sudah jadi olahraga nasional Inggris. Perluasan Kerajaan Inggris menyebabkan kriket yg dimainkan di luar negara & terhadap pertengahan abad ke-19 mula-mula kali di mainkan di kejuaraan Internasional.

1.Sepak Bola

Timnas indonesia terhadap
piala dunia 1938
Tak di ragukan lagi Sepak Bola ialah permainan yg paling ternama di seluruhnya dunia,yg mempunyai pecinta paling besar di planet ini & salah satunya ane gan.
Olah raga ini berasal dari Cina, Dalam satu buah dokumen militer disebutkan, sejak 206 SM, terhadap musim pemerintahan Dinasti Tsin & Han, beberapa orang telah memainkan permainan bola yg dinamakan tsu chu. Tsu memiliki arti "menerjang bola dgn kaki". Sedangkan chu, berarti "bola dari kulit & ada isinya". Mereka main bola yg terbuat dari kulit binatang dgn kiat menendang & menggiringnya ke suatu jaring yg dibentangkan terhadap dua tiang.

sepak bola jadi olahraga di 93 negeri - hunian bagi dua miliar orang. Penyelenggaraan FIFA World Cup yakni program olahraga paling besar & paling menguntungkan di dunia. Elemen ini serta mempunyai kontingen paling besar diehard fans, pemain & liga profesional dalam perekonomian paling besar didunia, Eropa. Liga Mutlak Inggris & Liga Champions ialah liga sepakbola paling terkenal, dgn tepat ditampilkan hidup buat setengah miliar orang di 202 negeri

Related Posts:

Terjadinya Negara Secara Primer dan Sekunder

A. Terjadinya Negeri Dengan Cara Primer 

Terjadinya Negeri Dengan Cara Primer (Primaires Wording) dimulai dari penduduk hukum yg paling sederhana selanjutnya berkembang dengan cara bertahab ke tingkat yg lebih maju. Di Bawah ini merupakan fase-fase pertumbuhan negeri dengan cara primer : 

1. Fase kelompok/suku ( Genootschaf ) 
Awal kehidupan manusia dimulai dari keluarga, seterusnya konsisten berkembang jadi kelompok-kelompok warga hukum tertentu/suku. 

2. Fase Kerajaan ( Rijk ) 
Kepala suku yg semula berkuasa dimasyarakat hukumnya selanjutnya mengadakan ekspansi ( Perluasan Kekuasaan ) dgn menaklukan negeri lain. Faktor ini mengakibatkan berubahnya fungsi kepala suku dari primus interparest jadi seseorang raja. 

3. Fase Negeri Nasional ( Staat ) 
Kepada fase ini kesadaran bernegara penduduk sudah muncul. Bakal tapi, raja yg memerintah menjalankan kekuasaannya dengan cara absolute bersama system pemerintahan terpusat ditangan raja. 

4. Fase Demokrasi ( Democratishe Natie ) 
Fase ini terbentuk atas basic kesadaran bakal adanya kedaulatan ditangan rakyat. 

5. Fase Diktator ( Dictatuur ) 
Terhadap fase ini, pemerintahan yg dipilih oleh rakyat dengan cara demokratis beralih jadi pemerintahan yg diktator. 

B. Terjadinya Negeri Dengan Cara Sekunder 

Terjadinya negeri dengan cara sekunder amat erat kaitannya bersama kenyataan peristiwa. Berdasarkan kenyataan histori ada 8 lantaran terjadinya negeri, ialah : 

1. Pendudukan ( occupatie ) 
Elemen ini berlangsung dikala satu buah wilayah yg tak bertuan & belum dikuasai selanjutnya diduduki & dikuasai oleh grup tertentu. 

2. Peleburan ( Fusi ) 
Elemen ini berlangsung waktu negara-negara mungil mendiami sebuah wilayah & mengadakan perjanjian buat saling melebur jadi negeri baru. 

3. Penyerahan ( Cessie ) 
Elemen ini berlangsung kepada sebuah wilayah yg diserahkan terhadap negeri lain berdasarkan wilayah tertentu. 

4. Penaikan ( Acessie ) 
Aspek ini berlangsung diwaktu sebuah wilayah terbentuk akibat penaikan lumpur sungai atau timbul dari basic laut ( Delta ). 

5. Pencaplokan ( Enexatie ) 
Elemen ini berlangsung dikala sebuah negeri berdiri dgn menguasai atau mencaplok wilayah yg dikuasai negeri lain. 

6. Proklamasi ( Proclamation ) 
Aspek ini berjalan saat warga pribumi sebuah wilayah yg diduduki negeri lain melaksanakan perlawanan maka sukses merebut kembali wilayahnya & menyebut kemerdekaannya. 

7. Pembentukan Baru ( Innovation ) 
Munculnya satu buah negeri baru yg di atas wilayah satu buah negeri yg pecah lantaran satu buah aspek & selanjutnya lenyap. 

8. Pemisahan ( Sparatise ) 
Terjadinya negeri baru dikarenakan memisahkan diri dari negeri yg menguasainya.

Related Posts:

Syarat syarat Terbentuknya Sebuah Negara

Sebuah negeri jika mau dipercaya yang merupakan negeri yg berdaulat dengan cara internasional minimal mesti memenuhi empat persyaratan hal / unsur negeri berikut di bawah ini : 

1. Mempunyai Wilayah 
Buat mendirikan sebuah negeri bersama kedaulatan penuh digunakan wilayah yg terdiri atas darat, laut & hawa yang merupakan satu kesatuan. Buat wilayah yg jauh dari laut tak memerlukan wilayah lautan. Di wilayah negeri itulah rakyat dapat menjalani kehidupannya juga sebagai masyarakat negeri & pemerintah dapat laksanakan fungsinya. 

2. Mempunyai Rakyat 
Digunakan adanya kumpulan beberapa orang yg tinggal di negeri tersebut & dipersatukan oleh satu buah perasaan. Tidak Dengan adanya orang juga sebagai rakyat terhadap sebuah negeri sehingga pemerintahan tak akan berlangsung. Rakyat pula berfungsi juga sebagai sumber daya manusia buat menjalankan gerakan kehidupan sehari-hari. 

3. Pemerintahan Yg Berdaulat 
Pemerintahan yg baik terdiri atas susunan penyelengara negeri seperti dinas yudikatif, dinas legislatif, dinas eksekutif, & lain sebagainya utk menyelengarakan aktivitas pemerintahan yg berkedaulatan. apa itu berdaulat (memiliki kekuasaan paling tinggi atas sebuah pemerintahan negeri atau daerah) 

4. Pernyatan Dari Negeri Lain 
Buat akan dinamakan yang merupakan negeri yg sah membutuhkan pernyatan negeri lain baik dengan cara de facto (nyata) ataupun dengan cara de yure(hukum). Sekelompok orang kemungkinan mengakui satu buah wilayah yg terdiri atas beberapa orang dgn system pemerintahan, tapi tak bakal disetujui dunia internasional jikalau didirikan diatas negeri yg telah ada. 


sobat unik, kali ini administrator bakal melanjutkan rubrik tatanegara, karna di rasa masihlah tidak sedikit penerus bangsa kita tak mendalami negeri, politik, hukum, yg makin terasa diskriminatif buat warga tak sanggup, apakah yg sudah berjalan terhadap negeri kita ini ???, apakah proses pematangan satu buah negeri atau proses pembusukan satu buah negeri & sistemnya, apakah negeri ini membutuhkan reformasi atau membutuhkan revolusi, di ketika krisis kepercayaan makin jadi kepada negeri & pemerintah, sehingga kita sbg bangsa indonesia mesti mampu memperbaiki system yg semerawut ini, salam buat seluruhnya anak belia bangsa indonesia

Related Posts:

puisi marah

Geram
KARYA LISA ANGGRAINI
Rasanya Kuingin beram
namun
tidak dapat
hatiku telah
membara bersama api kemarahan
airpun terasa panas
Kemarahanku rasanya mau kulimpahkan
pada mereka seluruh
bakal kah barangkali
rasanya tak
Ku miliki barang yg ada didepanku
mau ku hantamkan pada meraka yg ada di hadapanku
tangan yg lembut jadi
garang
ku remas -remas tangan & jariku
hatiku bergejolak seakan bakal
tiada artinya
bernapas seakan tidak ada artinya
mereka yg menciptakan ku telah kecewa
rasanya benci saya pada mereka
mereka yg sudah menciptakan ku kesal
geram
garang
menghantamkan segalanya
namun,..,.,.,saya malah
cuma menangis
di hadapan tanganku
yg putih & bersih ini
tanganku
telah dibasahi oleh air mata
kebencian & kemarah
yg terlampau batas
namun
saya benci mereka seluruhnya
saya
geram
inilah mengisi hati kemarahanku
kalian dapat kubenci
hingga kemarahan ku
reda bakal air kebahagian.

Related Posts:

PARAGRAF ARGUMENTASI DAN NARASI BESERTA CONTOHNYA

Paragraf Argumentasi 
Yakni paragraf yg berisi gagasan atau ide bersama diikuti argumen yg kuat utk menyakinkan pembaca dgn isinya yg menyampaikan satu buah opini yg diyakini. 

Sampel paragraf argumentasi : 
“Polusi hawa & lingkungan nyaris berlangsung di semua dunia, bahkan di Indonesia yg terutama berjalan terhadap kota-kota agung. Kendaraan bermotor yg makin tidak sedikit, asap pabrik & limbahnya ialah misalnya, yg bakal mengakibatkan kerugian yg lumayan akbar, seperti hawa jadi kumuh & tak sehat…” 

Cerita yaitu karangan atau narasi yg menyajikan sebuah histori atau kejadian pula dengan cara apa sejarah itu berjalan berdasarkan urutan dikala. 
Paragraf cerita sendiri dibagi jadi dua macam adalah cerita ekspositoris & cerita sugestif. 

1. Cerita ekspositoris 
Cerita ekspositoris yaitu sebuah wujud cerita yg yg tujuanya mengatakan berita berkenaan berlangsungnya sebuah sejarah atau proses. Cerita ini bersifat menambah area wawasan pembaca. Tahapan tahapan dalam satu buah proses di sampaikan bersama bahasa yg informatif dgn titik berat terhadap pemakaian kata denotatif. 

Sample paragraf cerita ekspositoris : 
Trik merawat & memelihara merpati tidaklah terlampaui susah. Bagi pemula, langkah mula-mula merupakan membeli merpati satu pasang di lokasi business peternakan merpati. Kalau merpatinmasih mungil, usahakan kandang tak terlampaui terbuka supaya suasana dalam kandang lumayan hangat, namun pass jelas. Seterusnya, periksalah makanan & minumannya pun memberi dengan cara rutin. Sebaiknya kandang merpati dibersihkan dengan cara rutin utk menjaga kesehatan merpati & area tinggalnya. 

2. Cerita sugestif 
Cerita sugestif yakni sebuah wujud cerita yg tujuanya merangsang aku khayal pembaca. Maksud utamanya ialah berikan makna atas histori atau kejadian sbg satu buah pengalaman . Bahasa yg diperlukan lebih cenderung ke bahasa kiasan dgn memanfaatkan kata kata konotatif. 

Sampel paragraf cerita sugestif : 
Aku menuju ke arena lapang terbang, bersama menunjukkan card kuning, langsung aku diijinkan turut menumpang Dakota. Turun dari kemayoran serentak aku naik taksi pun ke Priok. Kapal yg bakal bertolak ke Singapura yakni majesty. Secepat rusa aku berlari menuju kapal tersebut. Berdiri sambil bersandarkan terali terlihat satu orang laki laki setengah lanjut umur, berpakaian teluk belanga berpeci seremban & berkain sarung Trengganau 

Paragraf Eksposisi merupakan paragraf atau karangan yg memiliki maksud buat memberikan kabar menyangkut sesuatu maka mampu menambah area wawasan pembaca. 

Related Posts:

PARAGRAF ARGUMENTASI DAN NARASI BESERTA CONTOHNYA

Paragraf Argumentasi 
Yakni paragraf yang berisi rencana atau rencana bersama diikuti alasan yang kuat untuk menyakinkan pembaca bersama isinya yang mengatakan satu buah pendapat yang diyakini. 

Sample paragraf argumentasi : 
“Polusi udara dan lingkungan hampir berlangsung di semua dunia, bahkan di Indonesia yang terutama terjadi terhadap kota-kota besar. Kendaraan bermotor yang semakin banyak, asap pabrik dan limbahnya merupakan contohnya, yang dapat mengakibatkan kerugian yang cukup gede, seperti udara menjadi bernoda dan tidak sehat…” 

Narasi merupakan karangan atau cerita yang menyajikan satu buah histori atau kejadian juga macam mana histori itu berjalan berdasarkan urutan saat. 
Paragraf narasi sendiri dibagi menjadi dua macam adalah narasi ekspositoris dan narasi sugestif. 

1. Narasi ekspositoris 
Narasi ekspositoris adalah satu buah bentuk narasi yang yang tujuanya menyampaikan informasi menyangkut berlangsungnya sebuah peristiwa atau proses. Narasi ini bersifat memperluas pengetahuan pembaca. Tahapan tahapan dalam satu buah proses di sampaikan dengan bahasa yang informatif dgn titik berat pada penggunaan kata denotatif. 

Sample paragraf narasi ekspositoris : 
Trik merawat dan memelihara merpati tidaklah terlalu sulit. Bagi pemula, langkah perdana adalah membeli merpati satu pasang di ruangan bisnis peternakan merpati. Bila merpatinmasih kecil, usahakan kandang tidak terlalu terbuka agar suasana dalam kandang cukup hangat, tapi cukup terang. Selanjutnya, periksalah makanan dan minumannya juga berikan bersama trik teratur. Sebaiknya kandang merpati dibersihkan secara teratur utk menjaga kesehatan merpati dan lokasi tinggalnya. 

2. Narasi sugestif 
Narasi sugestif ialah satu buah bentuk narasi yang tujuanya merangsang saya khayal pembaca. Tujuan utamanya adalah memberi makna atas sejarah atau kejadian sebagai suatu pengalaman . Bahasa yang dimanfaatkan lebih condong ke bahasa kiasan dengan menggunakan ucapan konotatif. 

Sample paragraf narasi sugestif : 
Saya menuju ke ajang lapang terbang, dengan menunjukkan kartu kuning, serta-merta saya diijinkan turut menumpang Dakota. Turun dari kemayoran segera saya naik taksi serta ke Priok. Kapal yang akan berangkat ke Singapura yaitu majesty. Secepat rusa saya berlari menuju kapal tersebut. Berdiri sambil bersandarkan terali terlihat seorang cowok setengah lanjut umur, berpakaian teluk belanga berpeci seremban dan berkain sarung Trengganau 

Paragraf Eksposisi adalah paragraf atau karangan yang mempunyai tujuan utk memberikan berita berkenaan sesuatu sehingga dapat memperluas pengetahuan pembaca.

Related Posts:

Tokoh-Tokoh Reformasi (Pemrakarsa)

Tokoh-Tokoh Reformasi (Pemrakarsa) 

pada tiap-tiap perubahaan rezim pasti lah histori mendokumentasikan tokoh-tokoh yg berjasa atas perubahan rezim pemerintahan itu. Baik tokoh-tokoh reformasiataupun tokoh-tokoh pergerakan lain. Contohnya di Indonesia kala peralihan rezim order baru yg dipimpin Soeharto lengser, sebelum sejarah agung itu berlangsung telah muncul beberapa orang di luar system pemerintahan yg aktif menawari cita-cita perubahan menuju Indonesia baru. 

Tokoh-tokoh reformasi belakang jadi tokoh yg menggemparkan dunia politik Indonesia. Mereka hadir dgn bermacam kiat pandang baru yg sedikit tidak sedikit mengubah haluan dunia politik Indonesia. 

Periode reformasi yg berlangsung sekian banyak th ke belakang bisa saja yaitu masa-masa perubahan Indonesia dari segala sudut. Politik, sosial & ekonomi. Perubahan itu merata di seluruh lapisan warga. Dari kalangan atas sampai warga kelas bawah. Ada penduduk yg menilai itu yang merupakan satu buah perubahan positif, & ada serta sebahagian penduduk yg justru memandang itu yang merupakan aspek yg negatif. 

Kenyataannya, sesudah masa-masa itu, sesudah kedatangan tokoh-tokoh reformasi itu, Indonesia mengalami beraneka ragam konflik lanjutan. Bermacam Macam konflik muncul. Konflik yg lama terpendam, seluruhnya menguak & berebut buat dicarikan jalan keluarnya. 

Kondisi ekonomi, sosial, & politik yg masihlah tak stabil akibat periode reformasi itu makin menambah susah terselesaikannya masalah-masalah tersebut. Akibatnya, masalah-masalah mungil yg harusnya diperhatikan, jadi amat sangat terabaikan, & masalah gede juga belum dapat diselesaikan dgn sempurna. 

Tokoh-tokoh Reformasi muncul lantaran mereka gusar dapat kondisi perekonomian Indonesia yg tidak kunjung membaik, malahan makin terpuruk sebab dihantam badai krisis moneter yg melanda Asia Tenggara. 

Disokong oleh gelombang aktivitas mahasiswa Se-Indonesia yg menuntut Soeharto turun dari kursi presiden, hasilnya memaksa Majelis Permusyawaratan Rakyat mencabut mandat pekerjaan presiden. Soeharto hasilnya menandatangani surat pengunduran diri dari jabatan kepresidenan & diserahkan terhadap BJ Habibie, yg ketika itu menjabat wakil presiden. Sejarah itulah yg dgn seketika tidak sedikit menimbulkan tokoh-tokoh reformasi yg kontroversial. 

Tokoh-tokoh reformasi yg layak dinamakan juga sebagai sosok intelektual, berjasa mengambil angin perubahan di Indonesia ini hasilnya mewarnai lembaran jagat perpolitikan di zaman reformasi & benar-benar mengambil angin perubahan demokrasi yg tidak serupa bersama pada awal mulanya. Salah satunya yaitu pemilihan presiden dengan cara cepat melalui pemilihan nada oleh penduduk Indonesia. 

Tokoh-tokoh reformasi tersebut antara lain juga sebagai berikut. 
1. Abdurrahman Wahid 
Abdurrahman Wahid atau yg akrab dipanggil Gus Dur, yaitu pemimpin Nahdhatul Ulama, satu buah ormas Islam paling besar di Indonesia. Gus Dur mempunyai karisma yg kuat. Terkecuali ulama, dirinya serta negarawan yg mempunyai pengetahuan tentang pentingnya pluralisme bangsa. Gus Dur yaitu salah satu dari tokoh-tokoh reformasi yg mengambil efek tidak sedikit bagi Indonesia. 

Gus Dur yg mencentuskan jumpa Ciganjur yg dihadiri oleh Megawati, Sir Sultan Hamengkubuwono X, Amien Rais. Seterusnya, tokoh-tokoh reformasi yg hadir di Ciganjur menamai ia juga sebagai group Poros Tengah yg bertekad menggulirkan agenda reformasi di Indonesia. 

Gus Dur sebagai penggagas berdirinya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yg anggotanya sebahagian agung yaitu beberapa orang NU. Di PKB, Gus Dur menduduki jabatan sbg Ketua Dewan Penasihat, sedangkan ketua umum partai Matori Abdul Jalil. Partai ini pun tidak sedikit melahirkan tokoh-tokoh reformasi dgn pemikiran kritis. 

Kepada musim pemilu mula-mula di awal orde reformasi, Gus Dur dijagokan jadi calon presiden Republik Indonesia oleh tokoh-tokoh reformasi dari PKB & disokong penuh oleh group Poros Tengah. Hasilnya, Gus Dur ditunjuk juga sebagai Presiden Republik Indonesia menukar BJ Habibie, sedangkan Megawati diangkat jadi wakil presiden mendampingi Gus Dur. 

Tapi di tengah musim pemerintahnya, Gus Dur dicopot mandatnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat. Abdurrahman Wahid wafat dunia kepada 30 Desember 2009 & dimakamkan di Jombang. Tokoh-tokoh reformasi ikut mengantarkannya sampai liang lahat. 

2. Sri Sultan Hamengkubuwono X 
Sri Sultan Hamengkubuwono X ialah sosok Raja Yogyakarta yg mempunyai peran utama mempersatukan bangsa ini supaya masih bersatu, dikarenakan sejak krisis moneter Indonesia mengalami ancaman disintregrasi. Terlebih, sejak Timor Timur lepas dari pangkuan ibu pertiwi, memicu timbulnya separatisme di sekian banyak ruangan di Indonesia. 

Tidak Sedikit yg tak tahu, bahwa dia pun ialah bidang dari tokoh-tokoh reformasi. Terhadap musim menjelang reformasi, Sri Sultan tidak jarang turun ke jalan menenangkan demonstran biar tidak bertindak anarkis, terutama di Yogyakarta. Terhadap disaat itu, hari-hari menjelang Soeharto turun berlangsung perbuatan huru-hara di Jakarta, Solo, & Banjarmasin. Juga Sebagai salah satu dari tokoh-tokoh reformasi, dia mengambil efek baik bagi warga Yogyakarta. 

biar tindakan anarkis tidak menjalar ke Yogyakarta, Sang Raja ini senantiasa hadir tiap-tiap ada demonstrasi & mengahdiri korban-korban kekerasan berunjuk rasa di hunian sakit. Terbukti, Yogyakarta konsisten terkendali walaupun pernah ada bentrok di sisi kota seperti di Gejayan, yg menelan korban satu orang. Namun terus, tak separah di daerah lain. Sbg salah satu tokoh yg tergabung dalam tokoh-tokoh reformasi, dirinya lebih berperan yang merupakan pengendali massa. 

Berkat itulah, sesudah reformasi, Sri Sultan ditunjuk menjabat Gubernur Daerah Special Yogyakarta dgn Sri Paku Alam IX menukar gubernur pada awal mulanya Sri Paku Alam VIII yg sudah meninggal. 

3. Megawati Soekarno Putri 
Bicara berkaitan tokoh-tokoh reformasi tak sah rasanya bila tak menyatakan nama perempuan yg satu ini. Megawati Soekarno Putri yakni simbol dari perlawan pada rezim orde baru. Disaat jabatan ketua PDI digulingkan sepihak oleh Soeryadi yg disokong oleh rezim orde baru, Megawati mendirikan partai baru yg dikasih nama Partai Demokrasi Indonesia 

Perjuangan, juga sebagai partai tandingan PDI. Sejak itu, Megawati berjarak dgn rezim Soeharto. pada zaman reformasi, pemeran dalam tokoh-tokoh reformasi ini mempunyai peran yg lumayan mutlak. Dia mendesign kembali nilai-nilai nasionalisme & demokrasi. Terhadap pemilu legislatif, partai yg didirikan Megawati mendapati tidak sedikit nada, bahkan mengalahkan Golkar. Megawati pula ditunjuk sbg wakil presiden mendamping Gus Dur. Dirinya didukung oleh tidak sedikit tokoh-tokoh reformasi yang lain. 

Dua th berikutnya, Megawati naik jadi presiden menukar kedudukan Gus Dur yg dicopot mandatnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat, & menunjuk Hamzah Haz sbg wakil presiden buat mendampingi Megawati menyambung pemerintahan. 

4. Amien Rais 
Amien Rais yakni salah satu dari tokoh-tokoh reformasi yg hadir dari dunia universitas. Amien Rais serta miliki andil dalam menggulingkan rezim Soeharto. beliau ialah sosok pencetus berdirinya grup Poros Tengah yg dideklarasikan di Ciganjur, ruangan kediaman Gus Dur. Awal-awal menjelang rezim orde baru runtuh, Amien Rais senantiasa turun ke jalan bergabung dgn demonstran mahasiswa. Orasi-orasi yg dilontarkan Amien Rais demikian cerdas. Dirinya menawarkan perubahan demokrasi Indonesia yg lebih mutakhir. 

Ketika tidak sedikit partai bermunculan bak cendawan di periode hujan, Amien Rais serta mendeklarasikan partainya, adalah Partai Amanat Nasional. Terhadap zaman reformasi, PAN adalah salah satu partai papan atas. Amin Rais pula pernah menjabat ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Related Posts:

Tujuan dan Agenda Reformasi

Maksud reformasi
Mutlak : Memperbarui tatanan kehidupan warga berbangsa & bernegara tepat bersama Pancasila & UUD 1945 terutama dalam bagian politik, hukum, & ekonomi
1. Reformasi politik bertujuan tercapainya demokratisasi.
2. Reformasi ekonomi bertujuan meningkatkan tercapainya warga.
3. Reformasi hukum bertujuan tercapainya keadilan bagi seluruhnya rakyat Indonesia.
4. Reformasi sosial bertujuan terwujudkan integrasi bangsa indonesia.

Agenda reformasi
Sekian Banyak agenda reformasi yg disuarakan para mahasiswa antara lain :
1. Adili Soeharto & kroni-kroninya
2. Amandemen UUD 1945
3. Penghapusan Dwi Fungsi ABRI
4. Otonomi daerah yg seluas-luasnya
5. Supremasi hukum
6. Pemerintah yg bersih dari KKN

Agenda reformasi dalam pandangan tidak serupa :
Bagian politik
1. Reformasi di sektor ideologi negeri & konstitusi.
2. Pemberdayaan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat
3. Reformasi Instansi kepresidenan & kabint
4. Pembaharuan kehidupan politik adalah memperdayakan partai politik utk menegakkan kedaulatan rakyat, sehingga mesti dikembangkan system multipartai yg demokratis tidak dengan intervensi pemerintah.
5. Penyelenggaraan Pemilu.
6. Birokrasi sipil mengarah terhadap terciptanya institusi birokrasi yg netral & profesiona
7. System pemerintah daerah dgn sasaran memperdayakan otonomi daerah berdasarkan asas desentralisasi.

Sektor Ekonomi
1. Perbaikan ekonomi & kesejahteraan kepada sektor perbankan, perdagangan, & koperasi pun pinjeman luar negara
2. Penghapusan monopoli & oligopoli.
3. Mencari solusi yg konstruktif dalam mengatasi utang luar negara.

Bagian hukum
1. Terciptanya keadilan atas basic HAM.
2. Dibentuk peraturan perundang-undangan yg serasi bersama tuntutan
3. Konsentrasi terhadap integrasi nasional.

Bagian pendidikan
1. Pemecahan masalah kurikulum di Indonesia biar tambah baik

Related Posts:

Sejarah Internet

Internet ialah jaringan computer yg dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Peristiwa internet dimulai kepada thn 1969, lewat proyek ARPA yg dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan dengan cara apa bersama hardwaredan software computer yg berbasis UNIX, kita mampu melaksanakan komunikasi dalam jarak yg tak terhingga lewat saluran telpon. Proyek ARPANET membuat design wujud jaringan, kehandalan, seberapa agung berita akan dipindahkan, & hasilnya seluruhnya standar yg mereka menentukan jadi cikal dapat pembangunan protokol baru yg waktu ini dikenal yang merupakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). 

Maksud awal dibangunnya proyek itu ialah utk kepentingan militer. Terhadap dikala itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan system jaringan pc yg menyebar bersama menghubungkan pc di daerah-daerah vital utk mengatasi masalah kalau berjalan serangan nuklir & buat menghindari terjadinya info terpusat, yg jika berlangsung perang sanggup gampang dihancurkan. 
Kepada mulanya ARPANET cuma menghubungkan 4 website saja ialah Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka mencetak satu jaringan terpadu kepada th 1969, & dengan cara umum ARPANET dikenalkan kepada bln Oktober 1972. Tak lama seterusnya proyek ini berkembang pesat di seluruhnya daerah, & seluruhnya kampus di negeri tersebut mau bergabung, maka menciptakan ARPANET kesusahan utk mengaturnya. 

Oleh oleh karenanya ARPANET dipecah manjadi dua, ialah "MILNET" utk kebutuhan militer & "ARPANET" baru yg lebih mungil utk kebutuhan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan ke-2 jaringan hasilnya dikenal bersama nama DARPA Internet, yg seterusnya disederhanakan jadi Internet.

Related Posts:

Unsur Unsur Terbentuknya Negara

Yg dimaksud dgn unsur unsur negeri yaitu bagian-bagian yg menjadikan negeri itu ada. Terhadap rata-rata, unsur unsur terbentuknya negeri mesti memenuhi unsur berikut ini : 

A. Wilayah 
Pasal 25A UUD 1945, negeri kesatuan Republik Indonesia yakni satu buah negeri kepulauan yg berciri nusantara dgn wilayah yg batas-batas & hak-haknya ditetapkan bersama Undang-Undang. Wilayah negeri Indonesia berdasarkan Konferensi Meja Bundar (KMB) terhadap tanggal 27 Desember 1949 yg ditandatangani oleh pemerintah Indonesia & pemerintah Belanda, meliputi seluruhnya daerah secon jajahan Hindia Belanda. Sedang batas-batasnya ditentukan bersama perjanjian antarnegara tetangga, baik yg diadakan sebelum ataupun setelah merdeka. Derah juga sebagai area tinggal rakyat & area pemerintah lakukan gerakan ialah wilayah negeri bersama batas-batas tertentu. Batas-batas wilayah yg dihuni rakyat Indonesia juga sebagai berikut ini : 

• Wilayah Daratan 
Negeri satu bersama lainnya tidak jarang berjalan perang lantaran masalah batas wilayah. Buat menetapkan wilayah batas daratan kepada biasanya ditentukan berdasarkan perjanjian antarnegara tetangga. 
Perbatasan antara 2 negeri akan berupa : 
1. Perbatasan alam, seperti sungai, danau, pegunungan atau lembah. 
2. Perbatasan buatan, seperti pagar tembok, pagar kawat berduri, tiang-tiang tembok. 
3. Perbatasan menurut ilmu tentu, adalah bersama memanfaatkan garis lintang atau bujur terhadap peta bumi. 
Memasuki wilayah negeri bangsa lain tidak dengan ijin negeri yg bersangkutan adalah pelanggaran wilayah. Utk menghindari terjadinya pelanggaran, sebuah negeri mempunyai sebuah Instansi keimigrasian. 

• Wilayah Lautan 
Laut yg ialah wilayah sebuah negeri dinamakan teritorial negeri itu. Laut di luar teritorial dinamakan laut terbuka atau bebas. Tak seluruh negeri memiliki wilayah laut seperti Swiss & Mongolia. Terhadap kebanyakan batas wilayah laut teritorial 3 mil laut yg diukur dari garis pantai wilayah daratan satu buah negeri kepada disaat pantai surut. Buat negeri Indonesia batas wilayah laut teritorial sejak mulai 21 Maret 1980 bersama batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) ialah selebar 200 mil dihitung dari garis basic laut wilayah Indonesia. 

• Wilayah Hawa 
Wilayah hawa sebuah negeri ada di atas wilayah daratan & lautan negeri yg bersangkutan. Kekuasaan atas wilayah hawa sebuah negeri diatur dalam perjanjian Paris th 1919. 

• Daerah Ekstrateritorial 
Berdasarkan hukum internasional, banyak kapal laut yg berlayar di laut terbuka berbendera satu buah negeri tertentu serta yakni wilayah negeri yg bersangkutan. Ruangan perwakilan yg dinamakan ekstrateritorial berarti ruang itu walaupun berada di wilayah negeri lain tapi dianggap wilayah negeri yg diwakili, contohnya kantor kedutaan akbar. 
Kedutaan merupakan wakil sebuah negeri di negeri lain yg mengurusi masalah politik, orangnya dinamakan duta. 
Konsulat merupakan wakil sebuah negeri di negeri lain yg mengurusi masalah ekonomi perdagangan, orangnya dinamakan konsuler. 

B. Rakyat 
Rakyat yakni unsur terpenting dari negeri. Rakyatlah yg pertama-tama berkepentingan agar organisasi negeri terjadi dgn tidak tersendat & baik pun dapat wujudkan tujuannya. 

Warga merupakan beberapa orang yg bertempat tinggal & menetap di wilayah satu buah negeri. Beberapa Orang yg berstatus warga & warganegara Indonesia mempunyai hak & berkewajiban buat ikut pun dalam pembelaan negeri tepat bersama bidangnya. 

Bukan masyarakat merupakan beberapa orang yg berada dalam sebuah wilayah negeri buat sementara saat, contohnya wisatawan asing yg sedang berlibur di satu buah negeri lain atau para jemaah haji yg sedang laksanakan rukun Islam ke-5 di Mekah. 
Beberapa Orang yg berdasarkan hukum yaitu anggota dari satu buah negeri dinamakan warganegara. Sedangkan beberapa orang yg tak termasuk juga warganegara dinamakan orang asing. Pasal 26 UUD 1945 menyebutkan berkenaan warganegara juga sebagai berikut ini : 

• “yang jadi warganegara adalah beberapa orang bangsa Indonesia ori & beberapa orang bangsa lain yg disahkan dgn undang-undang sbg warganegara”. 
• “penduduk yaitu masyarakat negeri Indonesia & orang asing yg bertempat tinggal di Indonesia”. 
• “Hal-hal berkenaan masyarakat negeri & berkaitan masyarakat diatur bersama undang-undang”. 
Peraturan perundang-undangan yg mengatur kewarganegaraan hingga ketika ini yakni Undang-Undang Nomer 62 thn 1958. jo. UU No. 3 thn 1976. 

C. Pemerintah yg Berdaulat 
Unsur konstitutif yg ke-3 dari negeri yaitu pemerintah yg berdaulat. Pemerintah yakni pemegang & penentu kebijakan yg menyangkut bersama pembelaan negeri. Pemerintah yg berdaulat memiliki kekuasaan ke dalam & keluar. Kekuasaan ke dalam berarti bahwa kekuasaan pemerintah itu dihormati & ditaati oleh seluruhnya rakyat dalam negeri itu. Kekuasaan keluar berarti bahwa kekuasaan pemerintahan itu dihormati & dipercaya oleh negara-negara lain. Masalah kedaulatan adalah masalah yg amat mutlak dalam satu buah negeri, sebab kedaulatan ialah sesuatu yg membedakan antara negeri yg satu bersama lainnya. Kedaulatan artinya kekuasaan paling tinggi. Di negeri diktaktor, kedaulatan didasarkan atas kemampuan. Di negara-negara demokrasi kedaulatan didasarkan atas persetujuan. 

D. Pernyatan Negeri Lain 
Terkecuali rakyat, wilayah, & pemerintah yg berdaulat, masihlah ada satu unsur lagi bagi negeri, ialah pernyatan dari negara-negara lain. Pernyatan dari negara-negara lain bukanlah adalah unsur pembentuk negeri, tapi sifatnya cuma menerangkan saja mengenai adanya negeri. Dgn kata lain pernyatan dari negeri lain cuma bersifat deklaratif saja. 

Pernyatan negeri lain ada dua macam, yaitu : 
a. Pernyatan de facto 
Ialah pernyatan dengan cara fakta, berdasar bukti bahwa negeri itu ada. 

b. Pernyatan de jure 
Yaitu pernyatan dengan cara resmi cocok dangan hukum internasional. 

Adanya pernyatan dari negara-negara lain yaitu tanda bahwa negeri baru itu sudah di terima yang merupakan anggota baru dalam pergaulan antarnegara. Walau tidak dengan pernyatan negeri lain, sebuah negeri masihlah berdiri asalkan memenuhi tiga unsur pokok, merupakan : 
1. Rakyat yg mendiami wilayah negeri. 
2. Wilayah negeri bersama batas-batas tertentu. 
3. Pemerintah yg berdaulat. 
Ke3 unsur tersebut di atas dinamakan pun unsur konstitutif sedang unsur pernyatan negeri lain dinamakan unsur deklaratif maksudnya supaya negeri itu bakal mengadakan interaksi internasional mesti mendapat pernyatan dari negeri lain.

Related Posts:

Sejarah Perang Dingin

Histori Perang Dingin – Perang Dingin (Cold War) ialah ketegangan yg dengan cara politis kelihatan saling bermusuhan lantaran adanya persaingan kebutuhan. Perang Dingin dimulai setelahberakhirnya Perang Dunia II sejak pembagian Jerman jadi 2 wilayah, merupakan Jerman Barat & Jerman Timur. Pembagian Jerman jadi 2 diikuti bersama pembagian kota Berlin jadi Berlin Barat yg dikuasai oleh Amerika Serikat, Inggris & Perancis sedangkan Berlin Timur dikusai oleh Uni Soviet tepatnya ketika berlangsung Konfrensi Yalta (Pebruari 1945). 

dalam tempo singkat (1945-1948) Uni Soviet sukses menempa pemerintahan komunis di Bulgaria, Rumania, Hongaria, Polandia, & Chekoslowakia. Dikarenakan perkembangan pengaruh Uni Soviet amat serentak & pertumbuhannya pesat sehingga Amerika merasa butuh membendung berkembangnya kegiatan komunis. Sampai hasilnya Amerika menyusun taktik politik Containment Policy yg bertujuan mencegah berkembangnya pengaruh sebuah negeri atau sebuah system politik dari pihak lawan. Taktik politik tersebut dikembangkan lewat pemberian pertolongan ekonomi & militer seperti Marshall Plan & Doctrine Truman yakni pertolongan berupa keuangan, militer, & penasehat militer terhadap Yunani & Turki guna menghadapi gerilyawan komunis. 

Tujuannya buat mempertahankan Yunani & Turki dari peneterasi komunis & menghambat trayek Uni Soviet menuju ke selatan yg dapat meneror negara-negara Barat. Karena apabila salah satu negeri jatuh sehingga negeri tetangga yang lain pun bakal jatuh maka seluruhnya negeri dapat jatuh ke dalam pengaruh komunis. Uni Soviet mengusahakan menyaingi bersama MembuatMolotov Plan dgn maksud utk menata kembali perekonomian negara-negara Eropa Timur & tubuh kerja sama ekonomi Comicon (Cominteren Economic). Konflik ideologi tersebut berkembang hingga di Asia. 
Sewaktu berlangsungnya Perang Dingin, situasi & keadaan dunia diwarnai oleh gerakan juga sebagai berikut. 

1) Perebutan Hegemoni/kekuasaan 
Kalahnya Jepang dari Sekutu menyebabkan seluruhnya wilayah Manchuria & Korea diduduki Uni Soviet sampai berdampak makin kuatnya Uni Soviet di daratan Cina juga wilayah Korea. 
Berdasarkan Konferensi Yalta sehingga semenanjung Korea dibagi 2 yakni Utara di bawah kekuasaan Uni Soviet maka Kim Il Sung menjalankan pemerintahan atas basic pemikiran komunis. Sementara disebelah selatan, Amerika pilih Rhee Syngman sbg orang yg menjalankan pemerintahan berdasarkan dasar-dasar demokrasi. Lantaran perbedaan ideologi ini sehingga menyebabkan munculnyaperang saudara di Semenanjung Korea terhadap 25 Juni 1950 & inilah titik balik dari Perang Dingin. 

Posisi komunisme di Cina makin kuat dikarenakan pertolongan senjata dari Uni Soviet yg berasal dari Jepang. Kuatnya komunisme di Cina menyebabkan berkembangnya komunisme di Asia Tenggara. Cina berikhtiar menghalangi propaganda imperialisme yg dilakukan oleh Amerika Serikat & Inggris. Cina makin mengembangkan komunismenya adapun alasannya yaitu lantaran adanya kemauan buat mengembalikan daerah kekuasaan Cina di era kuno meliputi Korea, Funan, Birma, India, bahkan makin jauh termasuk juga daerah di Asia Tenggara. Terkecuali argumen historis pun adanya argumen geografis & ketajiran alam di Asia Tenggara guna memperkuat posisi ekonominya dalam dunia internasional. Sebab argumen tersebutlah sehingga Cina makin melibatkan diri di Asia Tenggara. 

Apa yg dilakukan Cina & Uni Soviet makin mengintimidasi kehidupan di Asia Tenggara. Factor ini jadi masalah yg pass serius bagi Amerika Serikat maka menciptakan Amerika merasa butuh menopang negara-negara Asia Tenggara. Amerika hasilnya memutuskan menunjang Perancis yg dikala itu sedang berperang melawan Vietnam (dibantu Uni Soviet & RRC) bersama cita-cita Vietnam tak jatuh ke tangan komunis. Namun nyatanya Vietnam menang & dengan cara automatic Vietnam berada di bawah kekuasaan komunis. 

Jatuhnya Vietnam ke dalam kekuasaan komunis mengizinkan negara-negara di Asia Tenggara jatuh ke kuasaan komunis. Perjanjian Jenewa adalah upaya buat mengakhiri konflik antara kaum komunis & non komunis yg MembagiVietnam jadi 2 adalah Vietnam Utara & Selatan. Namun upaya ini tak menghasilkan hasil & tak mendatangkan kepuasan buat mengakhiri konflik yg saling tidak searah di Vietnam. Pertentangan tersebut menyebabkan keterlibatan campur tangan pihak asing. Vietnam Utara sbg negeri komunis mendapat pertolongan & pengaruh dari Cina & Uni Soviet sementara Vietnam Selatan sbg negeri demokrasi mendapat pertolongan dari Amerika Serikat. 

Sesudah bertahun-tahun diperjuangkan hasilnya th 1976 Vietnam bisa dipersatukan dibawah kekuasaan kaum komunis. Vietnam menempa persatuan Indocina yg dikasih nama Federasi Indocina di bawah kekuasaan komunis yg jadi ancaman militer & ideologi bagi negara-negara Asia Tenggara. 
Di Asia Tenggara berlangsung rivalitas antarkomunisme terlihat dgn adanya konflik antara Vietnam & Kamboja menyangkut masalah perbatasan. Dalam masalah ini Kamboja(Pol Pot) menolak usul penyelesaian konflik perbatasan lewat forum PBB. Di balik masalah Kamboja-Uni Soviet tak lepas dari masalah politik ialah konflik Sino-Soviet. Di belakang Kamboja berdiri Cina & di pihak Vietnam terdapat Uni Soviet. Konflik Vietnam & Kamboja ialah turnamen dari jauh antara Cina & Uni Soviet di Asia Tenggara sementara Vietnam & Kamboja jadi pion-pion yg bertempur di medan perang. 

Pertentangan ideologi antara negeri Amerika Serikat & Uni Soviet berjalan pula di Amerika di mana Presiden Kuba Fidel Castro mendirikan negeri komunis di Kuba. Perbuatan ini pasti saja mendapat reaksi keras dari Amerika Serikat bersama upaya mensponsori invasi kegiatan anti komunis Kuba tetapi mengalami kegagalan. Titik ketegangan perang dingin ini berlangsung di Teluk Babi terhadap th 1961. 

Negeri di kawasan Amerika Tengah yang lain seperti Nikaragua pun dikuasai oleh kaum komunis. Di Mana Nikaragua sejak 1970 hingga 1990 dikuasai oleh group Gerilyawan komunis Sandinista (Front Pembebasan Nasional Sandinista). 

Di Afrika sayap kiri militer sudah menguasai pemerintahan di Ethiopia antara thn 1974-1991. System pemerintahan sosialis menciptakan negeri tersebut bersekutu bersama Uni Soviet. Di Angola & Mozambik sejak 1975-1990 group gerilya Marxis-Leninis menguasai pemerintahan. 

Di Afganistan (1978) pemerintahan berhaluan komunis pimpinan Noor Mohammad Tariki sukses membangun Daoud Khan lewat kudeta berdarah. Buat menyelamatkan rezim komunis di Afganistan yg waktu itu mendapat perlawanan dari group pimpinan Hafizullah Amin sehingga Uni Soviet kepada Desember 1979 laksanakan invasi militer ke Afganistan. Terkecuali itu guna mengimbangi kapabilitas bersenjata Amerika Serikat di Asia Barat Daya & pengaruh liberalismenya. Tapi invasi ini mendapat perlawanan dari grup Mujahidin yg dipimpin Mohammad Najibullah yg hasilnya sukses memukul mundur pasukan Uni Soviet & kepada 1989 pasukan Soviet ditarik mundur dari Afganistan. 

Selagi Perang Dingin terjadi ke-2 negeri adikuasa tak sempat terlibat dengan cara cepat dalam sebuah konflik (peperangan) dengan cara terbuka. Mereka senantiasa berada di belakang negara-negara yg sedang bersengketa. Mereka memberikan pertolongan persenjataan & memenuhi keperluan hidup warga negara-negara yg sedang bersengketa. 

2) System Aliansi 
Disaat perang dingin memuncak sehingga tiap-tiap negeri yg tidak sesuai mengupayakan memperkuat ia bersama bergabung dalam satu aliansi. Wujud system aliansi baik yg dilakukan blok Timur ataupun blok Barat ialah sbg berikut. 

Pembentukan Cominform (The Communist Information Bureau) kepada thn 1947. Cominform merupakan wadah kerja sama partai-partai komunis Eropa yg berpusat di Beograd, Yugoslavia. 
Pembentukan NATO (North Athlantic Traty Organization) 4 April 1949. Negeri yg jadi anggotanya merupakan Inggris, Irlandia, Islandia, Norwegia, Denmark, Belgia, Belanda, Luxemburg, Perancis, Portugal, Kanada, & Amerika Serikat. Tujuannya utk membendung komunis sejak mulai dari Eropa Utara hingga Turki & Yunani. 

Pembentukan Pakta Warsawa terhadap 1955 bersama negeri Jerman Timur, Cekoslovakia, Hongaria, Bulgaria, Polandia, Rumania, & Albania. Pakta Warsawa yaitu hubungan kerja pertahanan & keamanan negara-negara komunis. 

Perjanjian antara RRC & Uni Soviet th 1950 menyangkut kerjasama dianatara ke-2 negeri guna menghadapi mungkin agresi Jepang. 

Pembentukan Pakta ANZUS (Australia, New Zealand, and United State), merupakan pakta pertahanan negara-negara Amerika Serikat, Australia,& Selandia Baru terhadap thn 1951. 
Pembentukan SEATO (South East Asia Treaty Organization) kepada thn 1954. SEATO yaitu hubungan kerja pertahanan antara negara-negara Asia Tenggara dgn pihak Barat. Bersama anggotanya antara lain, Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Filipina, Singapura, & Selandia Baru. 
3) Aktivitas Spionase 

Perebutan hegemoni sewaktu perang dingin antara Uni Soviet & Amerika Serikat kepada beraneka ragam kawasan baik di Eropa, Asia, Amerika, & Afrika senantiasa didukung oleh aktivitas agen intelijen yg mereka punya. 
Gerakan Spionase (mata-mata) tercermin dari aksi yg dilakukan oleh agen spionase ke-2 belah pihak yakni antara KGB & CIA. KGB (Komitet Gusudarstvennoy Bezopasnosti) adalah Lembaga intelegen sipil atau Lembaga rahasia Uni Soviet sedangkan CIA (Central Intelligence Agency) juga sebagai Instansi rahasia Amerika Serikat yg bertugas buat mencari keterangan menyangkut negara-negara asing tertentu. 

KGB & CIA senantiasa berikhtiar buat meraih kabar rahasia berkaitan segala elemen yg tentang ke-2 belah pihak atau negara-negara yg berada di bawah pengaruh ke-2 belah pihak. Mereka serta menopang terciptanya beraneka ketegangan di dunia. Contohnya, CIA turut meringankan beberapa orang Kuba di perantauan utk laksanakan serangan ke Kuba th 1961 yg dinamakan Insiden Teluk Babi. Di pihak lain, Uni Soviet memberikan dukungan pada Fidel Castro (Presiden Kuba) dalam menghadapi invasi tersebut. 

4. Perlombaan Technologi Persenjataan & Lokasi Angkasa 
Perang dingin antara dua negeri adidaya ditandai oleh perimbangan persenjataan nuklir & personil militer. Maka gerakan ini dinamakan juga sebagai politik Balance of Power. Unjuk kebolehan ke-2 negeri adidaya tersebut diikuti perlombaan dalam bagian technologi militer & lokasi angkasa di mana keduanya saling unjuk kecanggihan. 

Bila muncul isu sensitif mampu saja mengambil ke-2 belah pihak kepada isu global yg menyebabkan munculnya perang dengan cara terbuka. Perang dingin pula bisa memunculkan perlombaan senjata antara pihak Amerika Serikat & Uni Soviet. Perlombaan senjata yg dilakukan ke-2 negeri tersebut berupa perlombaan senjata nuklir. Perlombaan senjata nuklir ini dikhawatirkan bakal menyebabkan meletusnya perang nuklir yg dasyat yg bisa membahayakan kelangsungan hidup umat manusia & makhluk hidup yang lain di dunia dikarenakan jangkauan senjata nuklir benar benar luas mampu menjangkau antarnegara & antarbenua. 

Ke-2 blok membangun pusat-pusat tombol peluncuran senjata nuklir beragam negeri yg berada di bawah pengaruhnya. Buat mengurangi meningkatnya perlombaan senjata nuklir terhadap ke-2 belah pihak sehingga PBB menempa Atomic Energy Commission yg bertujuan mencari jalan & kiat buat mengembangkan pemakaian tenaga atom utk tujuan damai pun mencegah penggunaannya buat maksud perang. 

Terhadap akhir Desember 1946 komisi setuju utk mengadakan pengawasan & pengaturan ketat guna mencegah produksi senjata-senjata atom yg dilakukan dengan cara diam-diam. Tapi Uni Soviet keberatan & mengatakan usul pengurangan senjata dengan cara menyeluruh. Sementara AS tak setuju, sampai hasilnya US memveto usul AS dalam sidang Dewan keamanan. Terhadap thn 1949, US mengadakan uji mencoba peledakan bom atomnya yg mula-mula. Yg ditanggapi bersama pelaksanaan bom hidrogen oleh AS yg diuji terhadap Nopember 1952, walau demikian nyatanya US juga telah bakal menciptakan bom hidrogen sendiri. 

Sampai thn 1983, perbandingan kemampuan senjata nuklir Uni Soviet menunjukkan posisi yg top dibanding dgn kebolehan Amerika Serikat.[ps] 

Related Posts:

Contoh Makalah Mata Pelajaran Sejarah

KATA PENGANTAR 

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt., sebab atas limpahan rahmat dan karunia – Nya lah maka kami bisa menyelesaikan Makalah histori ini cocok waktunya. 

Kami cobalah berupaya menyusun makalah ini sedemikian rupa dengan cita-cita bisa meringankan pembaca dalam mendalami pelajaran Peristiwa yg adalah judul dari Makalah kami, adalah “ASEAN (Association of South East Asian Nation)”. disamping itu, kami menginginkan bahwa Makalah Peristiwa ini sanggup dijadikan modal wawasan utk melangkah ke jenjang pendidikan yg lebih tinggi lagi. 

Kami menyadari bahwa didalam pelaksanaan Makalah sejarah ini masih ada kekurangan sehingga kami berharap saran & kritik dari pembaca sekalian khususnya dari guru mata pelajaran PKn agar mampu meningkatkan mutu dalam penyajian berikutnya. 
Akhir kata kami ucapkan terima kasih. 

Sukabumi, 05 oktober 2013 

Penyusun 


List isikan 
HALAMAN JUDUL 
KATA PENGANTAR………………………………………………………………………………… i 
daftar ISI……………………………………………………………………………………………… ii 
BAB I PENDAHULUAN 
1. 1. Latar Belakang……………………………………………………………………….. 
2. 2. Maksud Penulisan……………………………………………………………………. 
3. 3. Masalah…………………………………………………………………………………… 
BAB II PEMBAHASAN 
1. 1. Latar Belakang Terbentuknya ASEAN………………………………….. 
2. 2. Negara-Negara Anggota ASEAN…………………………………………….. 
3. 3. Lambang ASEAN…………………………………………………………………… 
4. 4. Maksud Dibentuknya ASEAN…………………………………………………. 
5. 5. Struktur Organsisasi ASEAN…………………………………………………. 
6. 6. Kerja Sama ASEAN………………………………………………………………. 
7. 7. Keuntungan Indonesia bersama Bergabung Dalam ASEAN……. 
BAB III PENUTUP 
1. 1. Kesimpulan…………………………………………………………………………… 
2. 2. Saran…………………………………………………………………………………… 
list PUSTAKA ……………………………………………………………………………… 


BAB I 
PENDAHULUAN 
1. 1. Latar Belakang 
Adakalanya tingkah laku binatang jadi memberikan inspirasi bagi manusia. Bahkan, binatang yg mungil sekalipun, seperti semut. Sebuah dikala anda tentu sempat menyaksikan sekelompok semut sanggup mengangkut benda yg agung. seandainya hanya seekor semut yg mengangkut benda itu, tentu tak kuat. Kejadian itu jadi contoh bagi orang, penduduk, bahkan negeri. Inti kejadian tersebut yakni kegotongroyongan, kebersamaan, atau menjalin kerja sama. suatu negeri mungil mampu jadi kuat jika saling bekerja sama bersama negara-negara kecil yang lain. Sample yg lebih nyata ialah negara-negara Asia Tenggara. 

karena adanya masalah yg berlangsung di Asia Tenggara, maka negara-negara yg yakni anggota Asia Tenggara bersatu & menempa organisasi yg disebut ASEAN (Association of South East Asian nation). ASEAN adalah perhimpunan bangsa-bangsa di Asia Tenggara yang didirikan terhadap tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, lewat penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Menteri Luar negara Filipina, Indonesia, Thailand, Malaysia, & Singapura. 

1. 2. Maksud 
Maksud pelaksanaan makalah ini ialah utk menambah area pengetahuan kita berkaitan hal-hal yg dikaji dalam makalah ini. Di mana dalam makalah ini sudah dikaji berkaitan salah satu organisasi yg beperan dalam meningkatkan pertalian internasional, ialah ASEAN (Association Of South East Asian Nation). 

1. 3 Masalah 
Adapun masalah yg dapat dibahas dalam makalah ini, merupakan : 
1. Bagaimana latar belakang terbentuknya ASEAN ? 
2. Negara-negara manakah yang ialah anggota ASEAN ? 
3. Jelaskan berkaitan Lambang ASEAN ! 
4. Jelaskan tujuan dibentuknya ASEAN ! 
5. Sebutkan struktur organisasi ASEAN ! 
6. Bagaimana kerja sama ASEAN ? 
7. Apa keuntungan Indonesia dgn bergabung dalam ASEAN ? 


BAB II 
PEMBAHASAN 

1. Latar Belakang Terbentuknya ASEAN 
Negara-negara yg termasuk juga dalam wilayah Asia Tenggara ialah Indonesia, Malaysia, Filiphina, Myanmar, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Kampuchea, & Laos. 
Letak Asia Tenggara amat strategis. kekayaan alamnya teramat melimpah. Ini menciptakan bangsa lain jadi iri & mau menguasainya. Buktinya, sejak abad ke-15 bangsa Eropa telah mengacak-acak Asia Tenggara. Spanyol, Portugis, Inggris, Prancis, Amerika Serikat, & Belanda ke Asia Tenggara tak cuma mau berdagang. Penjajahan bangsa Inggris atas Malaysia, Singapura, Myanmar, & Indonesia; Penjajahan bangsa Spanyol & Amerika Serikat atas Filipina; penjajahan bangsa Belanda atas indonesia; penjajahan bangsa Prancis atas laos, Kampuchea, dan Vietnam; pun penjajahan bangsa Portugis atau Timor-Timur ialah sample nyata betapa gede kemauan bangsa Eropa & Amerika menguasai Asia Tenggara. 

Negara-negara yg dijajah tersebut akhirnya dapat melepaskan diri dari penjajahan. Mereka merasa senasib & mempunyai tidak sedikit persamaan. Persamaan-persamaan tersebut menimbulkan perasaan setia rekan. Hasilnya, ada lima negeri di wilayah Asia Tenggara sepakat buat menempa satu buah organisasi. Kelima negeri tersebut adalah Indonesia, malaysia, Thailand, Singapura, & Filipina. 
Kepada tanggal 5-8 Agustus 1967 kelima negeri tersebut mengadakan jumpa di pinggir Pantai Bangsaem, bangkok, Thailand. pertemuan tersebut dihadiri oleh lima orang yg yakni wakil dari lima negeri. Kelima orang tersebut sbg berikut. 

1. Adam Malik; Menteri Presidium Urusan Politik/Menteri Luar negara indonesia. 
2. Tun Abdul Razak; Wakil Mula-mula Menteri Pembangunan Malaysia. 
3. Thanat khoman; Menteri Luar negara Thailand. 
4. S. Rajaratnam; Menteri Luar negara Singapura. 
5. Narciso Ramos, Menteri Luar Negara Filipina. 

terhadap tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand & lewat penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Menteri Luar negara Filiphina, Indonesia,Thailand, Malaysia, & Singapura, maka dibentuklah satu buah organisasi, yakni ASEAN (Association of South East Asian Nation). 

2 Negara-Negara Anggota ASEAN 
Perdana anggota ASEAN cuma lima negeri, merupakan Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura & Filiphina. terhadap tanggal 7 Januari 1984, negeri Brunei Darussalam jadi anggota keenam ASEAN. Setelah Itu, terhadap tanggal 28 Juli 1995, negara Vietnam menjadi anggota ketujuh ASEAN. Negeri Laos & Myanmar jadi anggota kedelapan & kesembilan ASEAN terhadap tanggal 23 Juli 1997. Kampuchea tidak mau ketinggalan. Negeri ini bergabung jadi anggota kesepuluh ASEAN terhadap tanggal 16 Desember 1998. Kepada disaat ini, kesepuluh negara di Asia Tenggara itulah yg menjadi anggota ASEAN 

3. Lambang ASEAN 
Seperti halnya orgaisasi yang lain, ASEAN pula memiliki lambang. Adapun lambang ASEAN yang dilukiskan atau digambarkan juga sebagai berikut. 

Penjelasan berkaitan simbol tersebut, ialah : 
1. Lingkaran, mengandung arti kesatuan ASEAN. Dalam logo ASEAN terdapat dua buah lingaran, ialah lingkaran luar & lingkaran dalam. Lingkaran luar berwarna biru melambangkan perdamaian dan stabilitas. Lingkaran dalam berwarna putih melambangkan kesucian & ketulusan. 

2. Batang padi berjumlah sepuluh, melambangkan jumlah anggota ASEAN. Warna kuning padi tersebut melambangkan kemakmuran. 

3. Tulisan ASEAN & lingkaran lambang berwarna biru, melambangkan persahabatan. 
4. Warna dasar merah, melambangkan keteguhan & kedinamisan. 
dengan cara total lambang ASEAN menggambarkan hal-hal berikut. 

1. Solidaritas & kesepakatan ASEAN 
2. Keterikatan dalam kerja sama demi kemakmuran rakyat negara-negara ASEAN. 
3. Setia terhadap perdamaian & stabilitas kawasan ASEAN & dunia biasanya. 
4. maksud Dibentuknya ASEAN 

maksud pembentukan ASEAN tertuang dalam Piagam ASEAN yang memuat hal-hal yang merupakan berikut. 

1) Memelihara & meningkatkan perdamaian, keamanan, dan stabilitas juga lebih memperkuat nilai-nilai yg berorientasi kepada perdamaian di kawasan; 

2) Meningkatkan ketahanan kawasan bersama memajukan kerja sama politik, keamanan, ekonomi, & sosial budaya yg lebih luas; 

3) Mempertahankan Asia Tenggara yang merupakan Kawasan Bebas Senjata Nuklir & bebas dari seluruhnya kategori senjata pemusnah massal yang lain; 

4) Menjamin bahwa rakyat & Negara-Negara Anggota ASEAN hidup damai dgn dunia secara total di lingkungan yg adil, demokratis, & harmonis; 

5) membuat pasar tunggal & basis produksi yg stabil, makmur, amat kompetitif, & terintegrasi dengan cara hemat lewat fasilitasi yg efektif utk perdagangan & investasi, yg di dalamnya terdapat arus lalu lintas barang, jasa-jasa & investasi yg bebas; terfasilitasinya pergerakan tersangka business, pekerja profesional, pekerja berbakat & buruh; arus bekal yg lebih bebas; 

6) Mengurangi kemiskinan & mempersempit kesenjangan pembangunan di ASEAN lewat pertolongan dan kerja sama timbal balik; 

7) Memperkuat demokrasi, meningkatkan tata kepemerintahan yg baik & aturan hukum, & memajukan juga melindungi hak asasi manusia dan kebebasan-kebebasan fundamental, dgn memperhatikan hak-hak & kewajiban-kewajiban dari Negara-Negara Anggota ASEAN; 

8) Menyikapi dengan cara efektif, pas dgn prinsip keamanan menyeluruh, segala wujud ancaman, kejahatan lintas-negara dan tantangan lintas batas; 

9) Memajukan pembangunan berkelanjutan untuk menjamin perlindungan lingkungan hidup di kawasan, sumber daya alam yg berkelanjutan, pelestarian warisan budaya, & kehidupan rakyat yg bermutu tinggi; 

10) Mengembangkan sumber daya manusia lewat kerja sama yg lebih erat di bagian pendidikan & pembelajaran & sepanjang hayat, pula di bidang ilmu wawasan & tehnologi, utk pemberdayaan rakyat ASEAN & penguatan Populasi ASEAN; 

11) Meningkatkan kesejahteraan & penghidupan yg patut bagi rakyat ASEAN lewat penyediaan akses yg setara kepada kesempatan pembangunan sumber daya manusia, kesejahteraan sosial, dan keadilan; 

12) Memperkuat erja sama dalam membangun lingkungan yang aman & terjamin bebas dari narkotika dan obat-obat terlarang bagi rakyat ASEAN; 

13) Memajukan ASEAN yang berorientasi terhadap rakyat yg di dalamnya seluruhnya lapisan warga didorong utk berpartisipasi dalam, dan meraih manfaat dari, proses integrasi & pembangunan komune ASEAN; 

14) Memajukan identitas ASEAN dgn meningkatkan kesadaran yg lebih tinggi bakal keanekaragaman budaya & warisan kawasan; & 

15) Mempertahankan sentralitas & peran proaktif ASEAN sbg kemampuan penggerak mutlak dalam hubungan & kerja samanya dgn para kawan kerja eksternal dalam arsitektur kawasan yg terbuka, transparan, & inklusif. 

Maksud ASEAN tercantum dalam Deklarasi bangkok, merupakan : 
1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, & perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara; 

2. Meningkatkan perdamaian & stabilitas regional; 
3. Meningkatkan kerja sama di bagian ekonomi, sosial, teknik, ilmu wawasan, & administrasi; 
4. Meningkatkan kerja sama di bagian pertanian, industri, perluasan perdagangan, perbaikan sarana pengangkutan & komunikasi, juga peningkatan taraf hidup rakyat; 

5. Memelihara kerja sama bersama organisasi-organisasi internasional dan regional agar semakin mempererat anggota ASEAN; 

Dengan Cara singkat mampu disebutkan bahwa tujuan & maksud didirikannya ASEAN ialah utk meningkatkan kerja sama di sektor ekonomi, sosial, budaya, & politik, pula wujudkan ketertiban & perdamaian di kawasan Asia Tenggara. 

5. Struktur Organsisasi ASEAN 
Struktur Instansi & prosedur di ASEAN, antara lain sbg berikut. 

1) Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sebagai pengambil keputusan penting yg bakal memberikan arah kebijakan. KTT diselenggarakan minimal 2 kali setahun. KTT adalah jumpa paling atas dalam ASEAN yang dihadiri oleh kepala negara ASEAN; 

2) Dewan Koordinasi ASEAN (ASEAN Coordinating Council) yg terdiri dari para Menteri Luar Negara ASEAN bersama pekerjaan mengkoordinasi Dewan Populasi ASEAN (ASEAN Community Councils); 

3) Dewan populasi ASEAN (ASEAN Communiti Councils) dgn ketiga pilar populasi ASEAN adalah Dewan Komune Politik-Keamanan ASEAN (ASEAN Political-Security Community Council/APSCC), Dewan populasi Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community Council/AECC), & Dewan Komune Sosial-Budaya (ASEAN Socio-Cultural Community Council/ASCC); 

4) Badan-badan Sektoral Tingkat Menteri (ASEAN Sectoral Ministerial Bodies). 

5) Komite Wakil konsisten (Committee of Permanent Representatives) yang terdiri dari wakil tetap negara ASEAN, terhadap tingkat duta agung & berkedudukan di Jakarta. 

6) Sekretaris Jenderal ASEAN yg dibantu oleh 4(empat) orang wakil sekretaris jenderal & sekretariat ASEAN. 

7) Sekretariat Nasional ASEAN yang dipimpin oleh petinggi senior untuk laksanakan koordinasi internal di masing-masing negara ASEAN. 

8) ASEAN Human Rights Body, yg bakal mendorong perlindungan & promosi HAM di ASEAN. 

9) Yayasan ASEAN (ASEAN Foundation), yg bakal membantu Sekjen ASEAN dalam meningkatkan pemahaman menyangkut ASEAN, termasuk juga pembentukan identitas ASEAN. 

10) Entities associated with ASEAN. 
6. Kerja Sama ASEAN 
jalinan kerja sama ASEAN disaat ini meliputi kerja sama di sektor ekonomi, sosial budaya, & politik pertahanan. 

1) Kerja Sama Ekonomi 
Kerja sama ekonomi ASEAN ditujukan utk menghilangkan hambatan- ganjalan ekonomi dgn trik saling mengakses perekonomian negara- negara anggota dalam menciptakan kesatuan ekonomi kawasan. Kerja sama ekonomi mencakup bermacam kerja sama di bidang perindustrian, perdagangan, dan pembentukan Kawasan Perdagangan Bebas di ASEAN (AFTA). 

2) Kerja Sama di bidang Sosial Budaya 
Kerja sama fungsional dalam ASEAN meliputi bidang-bidang kebudayaan, penerangan, pendidikan, lingkungan hidup, ilmu wawasan & tehnologi, penanganan bencana alam, kesehatan, ketenagakerjaan, pembangunan sosial, pengentasan kemiskinan, pemberdayaan wanita, kepemudaan, penanggulangan narkoba, serta peningkatan administrasi & kepegawaian publik. 

3) Kerja Sama Politik & Keamanan 
Kerja sama ini ditujukan utk menciptakan keamanan, stabilitas & perdamaian khususnya di kawasan ASEAN & kebanyakan di dunia. Kerja sama dalam sektor politik dan keamanan dilakukan memanfaatkan alat politik, seperti berikut ini. 

a) kawasan Damai, Bebas & Netral (Zone of Peace, Freedom And Neutrality/ZOPFAN); 
b) Traktat Persahabatan dan erja Sama (Treaty of Amity and Cooperation/TAC in Southeast Asia); 
c) Kawasan Bebas Senjata Nuklir di Asia Tenggara (Treaty on Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone/SEANWFZ). 

Terkecuali ke3 instrumen politik tersebut, terdapat pun forum kerja sama dalam bagian politik dan keamanan yg disebut ASEAN Regional Forum (ARF). Sekian Banyak wujud kerja sama politik & keamanan di ASEAN, antara lain sebagai berikut. 
a) Traktat pertolongan Hukum Timbl Balik di bagian Pidana (Treaty on Mutual Legal Assistance in Criminal Matters/MLAT). 
b) Konvensi ASEAN tentang Pemberantasan Terorisme (ASEAN Convention on Counter Terrorism/ACCT). 
c) Jumpa para Menteri Pertahanan (Defence Ministers Meeting/ADMM) yg bertujuan utk mempromosikan perdamaian & stabilitas kawasan lewat dialog juga kerja sama di bagian pertahanan & keamanan. 
d) Penyelesaian sengketa Laut Cina Selatan. 
e) kerja sama pemberantasan kejahatan lintas negara yg mencakup pemberantasan terorisme, perdagangan obat terlarang, pencucian duit, penyelundupan & perdagangan senjata ringan & manusia, bajak laut, kriminil internet, dan kriminil ekonomi internasional; 
f) Kerja sama di bidang hukum; sektor imigrasi & kekonsuleran; pula kelembagaan antarparlemen.7. Keuntungan Indonesia bersama Bergabung Dalam ASEAN 

yang merupakan suatu organisasi regional di kawasan Asia tenggara yg bersifat non militer & non politik, ASEAN sudah sanggup menciptakan stabilitas, perdamaian, & keteraturan di kawasan maka mempermudah Indonesia buat meneruskan program-program pembangunan di segala sektor & mendorong Indonesia utk jadi bangsa yg lebih maju. terhadap intinya pertalian Indonesia bersama ASEAN saling menguntungkan. 

BAB III 
PENUTUP 

1 Ringkasan 
ASEAN (Association of South East Asian Nation) yakni organisasi regional di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh bangsa-bangsa Asia Tenggara atas basic persamaan nasib & keperluan dgn. Lima negara yang sepakat menjadi pelopor membentuk ASEAN merupakan Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura & Filipina. Organisasi ini didirikan terhadap tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand & lewat penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Menteri Luar negeri Filiphina, Indonesia,Thailand, Malaysia, & Singapura. 

Terhadap awalnya, negara-negara anggota ASEAN cuma berjumlah lima, tetapi sekian banyak thn sesudah berdirinya ASEAN, lima negeri lainnya bergabung ke dalam Anggota ASEAN secara bertahap. Maksud didirikannya ASEAN merupakan utk meningkatkan kerja sama di sektor ekonomi, sosial, budaya, & politik, juga wujudkan ketertiban & perdamaian di kawasan Asia Tenggara. 

2. Saran 
negeri kita, Indonesia yakni salah satu anggota ASEAN. buat itu, kita mesti mempermudah wujudkan angan-angan atau maksud dari ASEAN itu sendiri. sebab bagaimanapun, maksud tersebut yaitu kemauan dari bangsa kita sendiri. 
terkecuali itu, juga sebagai negeri anggota ASEAN yg paling besar, kita mesti lebih menunjukan patisipatif kita dalam mewujudkan tujuan tersebut. 

List PUSTAKA 

Budiyono. 2005. Kewarganegaraan SMA. Jakarta : Erlangga 
Tim Penyusun. 1999. Ilmu Wawasan Sosial 4. Klaten : Intan Pariwara 
Kartodidjo, Sartono. 1988. rangkuman Geografi. Yogyakarta : kolega Gama Widya 

Related Posts:

Akuntansi Manajemen Sektor Publik

A. Akuntansi Manajemen Bidang Publik 
Satu Buah akuntansi manajemen bidang public merupakan sediakan berita akuntansi yg dapat dimanfaatkan oleh manajer public dalam laksanakan fungsi perencanaan & pengendalian organisasi. Adapun dalam fungsi manajemen, seperti perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian & pengendalian tak dapatdi laksanakan tidak dengan berita yg memadai. Berita akuntansi diberikan juga sebagai sarana atau media utk menunjang manajer menjalankan fungsi-fungsi manajemennya, maka maksud organisasi mampu tercapai. 

Akuntansi manajemen yakni sektor dari sebuah system pengendalian manajemen yg integral. Institude of management accountants (1981) mendefinisikan akuntansi manajemen sbg sebuah proses pengindentifikasian, pengukuran, pengakumulasian, penganalisaan, penyiapan, penginterprestaian, & pengkomunikasian berita financial organisasi juga utk menjamin bahwa sumber daya dimanfaatkan dengan cara pas & akuntabel. 

Chartered institute of management accountants ialah organisasi profesi akuntan manajemen di inggris, sedangkan institute of management accountant adalah organisasi profesi akuntan manajemen yg berada di Amerika Serikat. Chatered institute of management accountants mendefinisikan akuntansi manajemen sbg sebuah bidang integral dari manajemen yg terkait bersama pengindenfikasian, penyajian, & penginterprestasian kabar yg difungsikan untuk : 
a. Perumusan taktik 
b. Perencanaan & pengendalian gerakan 
c. Pengambilan ketentuan 
d. Pengoptimalan pemakaian sumber daya 
e. Pengungkapan (disclosure) terhadap shareholders & pihak luar organisasi 
f. Pengungkapan terhadap karyawan 
g. Perlindungan asset 

Terhadap dasarnya prinsip akuntansi manajemen bagian public tak tidak sedikit tidak serupa dgn prinsip akuntansi manajemen yg di terapkan terhadap bidang swasta. Akuntansi manajemen bidang publik berbada dgn akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen condong memberikan laporan yg sifatnya prospektif adalah dipakai utk perencanaan dimasa yg dapat datang, sedangkan akuntansi keuangan memberikan info yg bersifat laporan historis & retrospektif, merupakan berupa laporan kinerja musim dulu. 

Akuntansi juga sebagai sarana perencanaan organisasi 
Dalam perencanaan organisasi amat sangat mutlak dilakukan buat maksud pula sasaran organisasi & utk mengantisipasi kondisi di periode yg dapat datang. Bagi setiap kategori organisasi, system perencanaan berlainan – beda tergantung kepada tingkat ketidakpastian & kestabilan lingkungan yg mempengaruhi. Makin tinggi tingkat ketidakpastian & kestabilan lingkungan yg di hadapi organisasi. 

Dalam politik & ekonomi amat dominan dalam mempengaruhi tingkat ke stabilan organisasi. Info akuntansi difungsikan buat menciptakan prediksi – prediksi & estimasi menyangkut kejadian ekonomi yg mendatang dikaitkan dgn kondisi ekonomi & politik sekarang ini, sedangkan tingkat ketidakpastian (turbulansi) yg dihadapi bagian publik di musim – musim akan datang dapat makin tinggi. Elemen ini tak terlepas dari pengaruh pesatnya technologi kabar yg merabah ke semua bagian, termasuk juga bidang publik. Kabar akuntansi yang merupakan fasilitas perencanaan kepada dasarnya akan dibedakan jadi tiga group, ialah : 

1. Berita sifatnya teratur ataukah ad hoc 
2. Berita kuantitatif ataukah kualitatif, & 
3. Berita disamapaikan lewat saluran formal ataukah informal. 

Kepada organisasi bagian publik, saluran kabar lebih tidak sedikit bersifat formal, sedangkan prosedur informal relatife jarang dilakukan. hal itu merupakan lantaran adanya batasan transparasi & akuntabilitas public yg mesti dilakukan oleh dinas – Instansi public, maka perencanaan tak bisa dilakukan dengan cara personal atau cuma melibatkan orang-orang saja. 

Akuntansi Yang Merupakan Fasilitas pengendalian Organisasi 
Bahwa taktik utk mencapai maksud organisasi dijalankan dengan cara hemat, efisien, & efektif, sehingga difungsikan satu buah system pengendalian yg efektif. Pola pengendalian tiap organisasi tidak serupa – beda tergantung terhadap kategori & karakteristik organisasi. 

Organisasi bagian publik sebab sifatnya yg tak menguber laba juga adanya pengaruh politik yg akbar, sehingga sarana pengendaliannya lebih tidak sedikit berupa peraturan birokrasi. Terkait dgn pengukuran kinerja, terutama pengukuran ekonomi, efisien, & efektivitas (value for money). Yang Merupakan media pengendalian butuh di bedakan pemakaian kabar akuntansi yang merupakan fasilitas pengendalian keuangan (financial control) bersama akuntansi juga sebagai media pengendalian organisasi (organizational control). 

Pengendalian organisasi yakni terkait bersama pengintregasian gerakan fungsional ke dalam system organisasi dengan cara keseluruan. Pengendalian oragnisasi dimanfaatkan buat menjamin bahwa oragnisasi tak menyimpang dari maksud & taktik organisasi yg sudah di tetapkan. Sementara itu, buat maksud pengedalian organisasi dibutuhkan info yg lebih luas meliputi elemen ekonomi, sosial, & politik dari investasi yg diajukan. 

Proses Perencanaan & Pengendalian Manajerial Organisasi Bidang Publik. 
Perencanaan & pengendalian yaitu satu buah proses yg menempa satu buah siklus, maka satu step bakal terkait dgn step lainnya & terintegrasi dalam satu organisasi. Jones and Pendlebury (1996) membagi proses perencanaan & pengendalian manajerial kepada organisasi bidang publik berjalan lima step yakni : (1) Perencanaan maksud & sasaran basic,(2) perencanaan operasional, (3) Perencanaan operasional,(4) pengendalian & pengukuran,(5) Pelaporan, analisis, & umpan balik. 
Peran Akuntansi Manajemen Bidang Publik 

Peran mutlak akuntansi manajemen dalam organisasi bagian publik merupakan memberikan info akuntansi yg relevan & dapat diandalkan terhadap manajer buat jalankan fungsi perencanaan & pengendalian organisasi, peran akuntansi manajemen dalam organisasi bidang publik meliputi : 

1. Perencanaan strategik 
2. Pemberian kabar anggaran 
3. Penilaian investasi 
4. Penganggaran 
5. Penentuan budget layanan (cost of services) & penentuan tarif pelayanan(charging for service) 
6. Penilaian kerja 

A. System Pengendalian Manjemen Bagian Publik 
Pengendalian manajemen meliputi sekian banyak kegiatan ialah : 
1. Perencanaan 
2. Koordinasi 
3. Komunikasi 
4. Penganbilan ketentuan 
5. Motivasi 
6. Penegndalian 
7. Penilaian kinerja 

System pengendalian manajemen bagian publik berfokus kepada dengan cara apa laksanakan strategik oragnisasi dengan cara efektif & efesien maka maksud organisasi sanggup diraih. 
Type pengendalian manajemen bisa dikategorikan jadi jadi tiga group, adalah : 

1. Pengendalian preventif. Dalam step ini pengendalian manajemen terkait dgn perumusan taktik & perencanaan strategic yg dijabarkan dalam wujud progam – progam. 
2. Pengendalian opresional. Dalam step ini penegendalian manajemen terkait bersama pengawasan pengerjaan progam yg te;ah di tetapkan lewat media penganggaran 
3. Pengendalian kinerja. Kepada step ini pengendalian manajemen berupa analisis evaluasi kinerja berdasarkan tolok ukur kinerja yg sudah ditetapkan. 

Struktur pengendalian manajemen 
Maksud dibuat pusat – pusat pertanggung jawaban tersebut yakni; 
1. Sbg basis perencanaan, pengendalian, & penilaian kinerja manajer & satuan organisasi yg dipimpinnya. 
2. Buat memudahkan mencapai maksud organisasi 
3. Memfasilitasi terbentuknya goal congruence 
4. Mendelegasikan pekerjaan & wewenang ke satuan – satuan yg mempunyai kompetensi sehat mengurangi beban pekerjaan manajer pusat. 

5. Mendorong kreativitas & daya inovasi bawahan. 
6. Yang Merupakan media utk jalankan taktik organisasi dengan cara efektif & efisien 
7. Yang Merupakan fasilitas pengendalian budget 
Tanggung jawab manajer pusat pertanggung jawaban yakni utk membuat interaksi yg optimal antar sumber daya input yg difungsikan bersama output yg dihasilkan dikaitkan bersama kinerja. 
Pusat – pusat pertanggungjawaban 

Terhadap dasarnya terdapat empat type pertanggungjawaban, ialah; 

• Pusat anggaran (expense center) 
• Pusat pendapatan (revenue center) 
• Pusat laba (profit center) 
• Pusat investasi (investment center) 

Pusat – pusat pertanggungjawaban tersebut setelah itu jadi basic buat perencanaan & pengendalian budget pun penilaian kinerja terhadap satuan yg bersangkutan & pusat pertanggungjawaban mampu berfungsi yang merupakan jembatan buat bottom up budgeting atau participative budgeting.oleh dikarenakan itu pusat pertanggungjawaban yaitu fasilitas yg amat vital buat pembuatan & pengendalian. Di Samping itu, pusat pertanggungjawaban ialah basis pengukuran kerja, ialah perbandingan antara apa yg sudah dicapai oleh satuan oganisasi dgn biaya yg sudah ditetapkan. 

Kabar yg terkait dgn system pengendalian budget kebanyakan tidak sedikit didapati oleh bidang departemen biaya. Departemen biaya mempunyai fungsi yang merupakan berikut : 
a. Menetapkan mekanisme & formulir utk persiapan biaya 
b. Mengkoordinasikan & menciptakan asumsi – asumsi yang merupakan basic budget (asumsi tersebut contohnya tingkat inflasi, nilai edit, & harga migas) 
c. Menunjang mengkomunikasikan budget ke seluruhnya bidang organisasi 
d. Menganalisis biaya yg diajukan & menciptakan rekomendasi terhadap budgetee (biaya holder) & manajer pusat pertanggungjawaban 
e. Menganalisis kinerja biaya yg dilaporkan, menginteprestasikan hasil & menyiapkan ikhtisar laporan buat manajer pusat pertanggungjawaban 
f. Menyiapkan pengerjaan revisi budget jikalau dimanfaatkan. 

Proses pengendalian manajemen bidang public 
Dalam organisasi bidang public terdapat saluran komunikasi formal terdiri dari kegiatan formal dalam organisasi yg meliputi ; 
a. Perumusan taktik 
b. Perencanaan taktik 
c. Penganggaran 
d. Operasional (pengerjaan budget) 
e. Evaluasi kinerja 
Dalam pengendalian manajemen akan dilakukan dengan cara formal ataupun informal. Elemen pengendalian formal & aspek informal. Aspek pengendalian contohnya yakni system pengendalian manajemen, system pengendalian manajemen, system aturan (rules of the game & reward dan punishment sistem). 

Perumusan taktik (taktik formulation) yakni proses penentuan visi, misi, maksud, sasaran, target (outcome), arah & kebijakan, pun taktik organisasi. Ada lima proses perumusan taktik yaitu : 
• Misi & maksud 
• Analisis atau scanning lingkungan 
• Profil internal & audit sumber daya 
• Perumusan evaluasi, & pemilihan taktik 
• Implementasi 

Maksud mutlak perencanaan strategik yaitu buat meningkatkan komunikasi antara manajer puncak bersama manajer dibawahnya. Manfaat perencanaan strategik bagi organisasi antara lain : 
a. Yang Merupakan fasilitas buat mengfasilitasi terciptanya biaya yg efektif. 
b. Juga Sebagai srana buat mengfokuskanmanajer terhadap pengerjaan taktik yg sudah ditentukan. 
c. Sbg alat buat memfasilitasi dilakukannya alokasi sumber daya yg optimal (efektif & efisien) 
d. Yang Merupakan kerangka utk pembuatan aksi jangka pendek (short term action) 
e. Yang Merupakan media bagi manajemen utk bisa mendalami taktik organisasi serasi & terang 
f. Sbg fasilitas utk memperkecil berkaitan alternative taktik 

Mengubah perencanaan strategic jadi perbuatan nyata dalam perencanaan strategik bukan adalah akhir yg final. Perencanaan strategic butuh ditranslasikan dalam wujud perbuatan – perbuatan, perencanaan strategic mesti didukung oleh aspek – faktor berikut : 

a. Struktur supporter baik dengan cara manajerial ataupun political will 
b. Proses & praktik implementasi di arena lapang 
c. Kultur organisasi 

Step yg berikutnya ialah tentukan budget, proses ini pengendalian adalah step yg dominan. Proses penganggaran terhadap organisasi bagian public mempunyai karakteristik yg tidak sama bersama penganggaran kepada bagian swasta. Perbedaan terutama adanya pengaruh politik dalam proses penganggaran. Step akhir dari proses pengendalian manajemen ialah penilaian kinerja.mpengendalian manajemen lewat system penilaian kinerja dilakukan bersama trick membuat prosedur reward dan punishment. Manajemen kompensasi ialah prosedur utama buat mendorong & motivasi manajer utk mencapai maksud organisasi. 

Related Posts: